Ciri-ciri Orang Dewasa yang Menderita Cacingan

Cacingan adalah istilah yang biasa digunakan dalam menyebut seseorang yang mengalami gejala gangguan kesehatan akibat adanya cacing parasit di dalam tubuh (usus). Beberapa jenis cacing yang biasa menjadi parasit dalam tubuh manusia diataranya yang cukup populer cacing pita, cacing kremi, dan cacing tambang.

Kebanyakan penderita cacingan adalah anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa tidak bisa mengalaminya. Ini karena pada anak-anak masih belum bisa menjaga diri dari penyakit cacingan. Kebiasaan bermain di tanah dan tempat yang kotor dan kuku yang panjang tidak dipotong sering menjadi perantara penyebab anak mengalami cacingan.

Pada orang dewasa, kebanyakan telur cacing masuk ke dalam tubuh tanpa sengaja bersamaan dengan sayuran atau buah-buahan yang dikonsumsi. Karena itu sangat penting untuk membersihkan sayuran dan buah sebelum dikonsumsi, khususnya bila makanan tersebut akan dikonsumsi langsung tanpa dimasak.

Pada umumnya, jenis cacing yang menyerang orang dewasa adalah jenis cacing cambuk (Trichuris trichiura) serta cacing gelang (Ascaris lumbrocoides).

Penyakit cacingan harus diwaspadai dan dibasmi, salah satunya adalah dengan cara memberikan obat cacingan. Pada anak-anak, obat cacing diberikan setap enam bulan sekali. Sementara untuk orang dewasa dapat diberikan obat cacingan setahun sekali.

Ciri-ciri dan Gejala Cacingan Pada Orang Dewasa

Anak yang menderita cacingan biasanya akan memunculkan gejala seperti pertumbuhan yang terganggu. Karena cacingan pada anak biasanya akan menyebabkan anak menjadi lemah dan lesu akibat kurang darah, berat badan yang dibawah rata-rata, batuk yang tidak kunjung sembuh dan bisa juga nyeri di bagian perut. Sementara pada orang dewasa, cacingan yang diderita dapat menyebabkan berkurangnya daya fisik serta berkurang IQ pada sang penderita.

Adapun gejala yang biasa muncul pada orang dewasa yang menderita cacingan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sering sakit perut

Parasit cacing menyebabkan peradangan yang kemudian memicu sakit perut. Penyebabnya, cacing memengaruhi proses eliminasi ampas tubuh, dan menyebabkan penumpukan racun. Itu alasan mengapa perut sering terasa sakit.

2. Masalah pencernaan

Parasit cacing merusak lapisan usus dan menyebabkan peradangan di sistem pencernaan. Gejala yang terjadi ditandai dengan perut mual, tingginya gas lambung, kembung, dan sembelit.

3. Berat badan turun

Tanda semakin besar kemungkinan mengarah pada cacingan jika anda juga mengalami penurunan berat badan secara drastis.

4. Ruam

Cacing di perut juga dapat menyebabkan penderita mengalami ruam kulit yang disebabkan oleh eliminasi racun.

5. Gatal pada dubur

Salah satu tanda yang paling menonjol dan umum dirasakan oleh orang yang cacingan adalah rasa gatal di bagian dubur dan genital. Bila hal ini terjadi, maka sebaiknya tidak digaruk karena berpotensi menyebabkan infeksi.

6. Gigi menggeretak

Orang yang cacingan juga memiliki kebiasaan gigi menggeretak saat tidur.

7. Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati yang mudah terjadi juga bisa menjadi pertanda bahwa orang tersebut menderita cacingan. Karena gangguan pencernaan dapat memengaruhi emosi seseorang yang mana parasit adalah penyebab asal terjadinya hal tersebut.

8. Mudah lelah

Cacing merupakan parasit dalam usus manusia yang akan mengambil makanan dan menumpuk racun dalam tubuh sehingga mengakibatkan penderitanya mengalami mudah lelah. Karena itu, ketika anda merasakan bahwa tubuh anda mudah mengalami kelelahan perlu diwaspadai akan adanya cacing parasit dalam tubuh.

Cacingan merupakan masalah kesehatan yang biasanya muncul akibat dari kurangnya menjaga kebersihan. Penyakit cacingan walau tidak sampai berdampak dengan kematian, namun tetap perlu diwaspadai karena penderita cacingan dapat terganggu kesehatannya dan dapat menyebabkan timbul penyakit.

Cara Mencegah Cacingan

Menjaga kebersihan diri, lingkungan dan makanan yang akan dikonsumsi sangat penting untuk mencegah masuknya cacing ke dalam tubuh. Untuk itu beberapa hal dapat dilakukan sebagai tindakan atau cara untuk menghindari cacingan, diantaranya adalah dengan:

  • Membiasakan diri untuk selalu membersihkan tangan dengan sabun. Hal ini perlu dilakukan baik sebelum makan, seusai makan, atau setelah bermain khususnya di luar rumah.
  • Memotong kuku secara teratur juga bisa menjadi solusi untuk mencegah telur cacing masuk ke dalam tubuh.
  • Karena kuku yang panjang bisa menjadi tempat bermukim larva cacing.
  • Menjaga kebersihan sanitasi lingkungan juga penting dilakukan, misalnya dengan rajin membersihkan kakus atau septic tank.
  • Jangan lupa juga selalu menjaga kebersihan makanan yang kita makan. Usahakan selalu membuat makanan sendiri. Saat akan mengonsumsi buah dan sayur, cucilah di air yang mengalir.

Melakukan pemeriksaan diri ke dokter juga perlu dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada cacing parasit berbahaya yang berkembang dalam tubuh.

loading...
Loading...
Sabu sebabkan sakit gigi, ciri fisik cacingan pada orang dewasa, membuat ac sendiri tanpa es batu, peryakitkele

Ciri-ciri Orang Dewasa yang Menderita Cacingan | akbar | 4.5