Ciri-ciri Kiprok yang Rusak Pada Sepeda Motor

Kiprok adalah komponen pada sepeda motor yang berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC untuk kemudian digunakan untuk menyuplai daya pada sistem kelistrikan sepeda motor. Keberadaan kiprok sangat vital perannya karena langsung berhubungan dengan aki dan melakukan manajerial kelistrikan.

Kondisi kiprok yang sudah tidak normal bisa menyebabkan beberapa masalah pada sepeda motor seperti motor tiba-tiba mati ditengah jalan, aki cepat soak, atau bisa juga lampu utama yang tiba-tiba temaram dan bahkan menyebabkan lampu cepat putus meski kondisinya masih baru.

Untuk cara mengetahui kiprok rusak atau tidak sebenarnya bisa mudah dilakukan, yaitu dengan menggunakan alat, namanya multitester. Dengan menggunakan multitester kita bisa dengan mudah mengetahui berapa tegangan yang dikeluarkan dari kiprok. Dengan demikian kita tahu apakah tegangan yang keluar kurang, lebih atau bahkan tidak ada tegangan sama sekali.

Bagi orang awam dan belum pernah menggunakan alat tersebut, cara cek kiprok rusak atau tidak menggunakan multitester mungkin sedikit membingungkan. Karena itu kita juga bisa memperkirakan kondisi kiprok dengan memperhatikan gejala-gejala kerusakan pada kiprok yang muncul.

Berikut ini adalah beberapa cara mengenali kerusakan pada kiprok sepeda motor yang mudah dilakukan:

Lampu depan tiba-tiba redup atau bahkan mati sama sekali. Jika arus dari sepul lampu dalam keadaan normal, maka kemungkinan besar kiprok motor mati atau tahanan antar terminal kiprok dari sepul dan massa terhubung langsung.

Aki motor yang cepat soak juga bisa terjadi karena kiprok sudah rusak atau mati. Kemungkinan hal ini terjadi karena rangkaian regulator di dalam kiprok rusak sehingga tidak bisa mengisi daya aki dengan sempurna.

Saat motor digas kencang, lampu utama sepeda motor menyala sangat terang atau bahkan ketika digas maksimal lampu langsung putus. Ini terjadi karena rangkaian penyetabil tegangan dalam kiprok sudah rusak sehingga dia tidak lagi bisa membatasi berapa maksimal output yang boleh dikeluarkan.

Perlu diketahui bahwa fungsi kiprok yang ada saat ini tidak untuk menyearahkan tegangan yang keluar dari sepul motor saja. Namun fungsi kiprok juga untuk mengatur atau menyetabilkan tegangan yang nantinya akan digunakan untuk mensuplay daya pada sistem kelistrikan sepeda motor.

Karena itu, ada kalanya kiprok masih bisa berfungsi untuk men-charge aki, namun dia sudah tidak bisa mengatur atau menyetabilkan tegangan yang mengarah ke sistem kelistrikan. Jadi, jangan heran kalau lampu motor anda sering putus. Hal itu bisa jadi karena kiprok sudah bermasalah atau rusak.

Penting untuk diketahui bahwa rata-rata tegangan output yang keluar dari kiprok adalah ±15V pada kondisi tanpa beban. Ketika motor digas pun demikian, jika terjadi selisih maka tidak akan terlalu jauh.

Untuk anda yang masih awam tentang sistem kelistrikan pada sepeda motor, ada baiknya bila setelah mengetahui adanya gejala mencurigakan seperti lampu motor cepat putus, lampu redup atau lainnya seperti diatas sebaiknya dibawa saja ke bengkel. Namun kalau anda ingin belajar memperbaiki sendiri, tidak ada salahnya anda mencoba untuk memperbaiki sepeda

loading...
About these ads

Loading...
Ciri-ciri Kiprok yang Rusak Pada Sepeda Motor | akbar | 4.5
ciri ciri kiprok rusak, ciri kiprok rusak, kiprok, ciri kiprok mati, tanda kiprok rusak, ciri2 kiprok rusak, ciri ciri kiprok mati, gejala kiprok rusak, kiprok rusak apa yang terjadi, Mengetahui kiprok rusak, penyebab kiprok mati, tanda kiprok fu mau mati, Tanda kiprok mati, tanda kiprok tiger lemah, tanda kiprok tiger rusak, tanda-tanda kiprok motor bermasalah, cara cek kiprok tiger rusak apa bagus, kiprok rusak, gambar dioda motor, cara memperbaiki kiprok rusak, ciri - ciri kiprok rusak, ciri ciri kiprok motor mati, ciri ciri kiprokmati, ciri ciri kiprop mati, ciri kiprok lemah, efek kiprok lemah, efek kiprok rusak motor tiger, tanda2 kiprok masih bagus