Ciri-ciri Kanker Serviks yang Jarang Disadari Wanita

Kanker serviks, disebut juga dengan istilah kanker leher rahim adalah penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim atau lebih tepatnya di bagian atas organ intim (vagina). Cara penularan kanker serviks bisa melalui hubungan seksual, terutama yang dilakukan dengan berganti-ganti pasangan. Penularan virus ini dapat terjadi baik dengan cara transmisi melalui organ genital ke organ genital, oral ke genital, maupun secara manual ke genital.

Penyebab kanker serviks adalah virus HPV (Human Papilloma Virus). Selain itu, sel-sel abnormal pada leher rahim juga bisa tumbuh akibat paparan radiasi atau pencemaran bahan kimia yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama.

Biasanya cara untuk mendeteksi adanya kanker serviks bisa dilakukan dengan cara melakukan Pap Smear, yaitu pemeriksaan dengan mengambil contoh sel-sel leher rahim, kemudian dianalisa untuk mendeteksi dini kanker leher rahim. Selain dengan pap smear sebenarnya kita juga bisa mengetahui adanya kanker serviks atau tidak dalam rahim dengan cara mnengetahui ciri-ciri kanker serviks sebagaimana yang dikutip dari laman webmd.com berikut ini:

1. Sakit Saat Melakukan Hubungan Intim

loading...

Organ intim terasa sakit saat atau setelah melakukan hubungan intim bisa menjadi ciri pertama kanker serviks. Selain sakit, beberapa bahkan diikuti dengan adanya pendarahan atau keluar nanah dari organ intim.

2. Keputihan Tidak Normal

Bila anda sering mengalami keputihan tidak normal, ada baiknya bila anda segera memeriksakannya ke dokter. Karena keputihan yang tidak normal bisa saja menjadi salah satu ciri dari kanker serviks, kanker rahim ataupun penyakit kelamin serius lainnya.

3. Sakit Pada Pinggul

Sakit pada pinggul yang terjadi terus menerus dipercaya sebagai salah satu ciri dari risiko kanker serviks. Biasanya, sakit pinggul yang merupakan ciri dari kanker serviks ini dibarengi dengan bengkak di kaki, sakit saat buang air kecil dan pendarahan pada organ intim. Jadi bila anda mendapati gejala seperti ini maka tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk bisa mendapatkan penanganan secepatnya.

4. Darah Menstruasi Berlebihan

Wanita yang masih dalam kondisi subur dan tidak sedang hamil akan mengeluarkan darah haid setiap bulannya. Biasanya, darah menstruasi akan keluar banyak di hari pertama hingga hari ketiga. Namun bila darah menstruasi yang keluar sangat banyak (berlebihan) selama berhari-hari, maka ada baiknya bila anda waspada. karena beberapa ahli kanker mengatakan jika darah menstruasi yang keluar berlebihan dan tidak normal adalah salah satu ciri dari risiko kanker serviks ataupun kanker rahim.

5. Nafsu Makan Berkurang dan Berat Badan Turun Drastis

Ciri-ciri kanker serviks yang juga harus dip;erhatikan adalah nafsu makan berkurang dan berat badan turun secara drastis. Selain itu, ciri adanya risiko kanker serviks juga dibarengi dengan kesulitan buang air kecil, pendarahan spontan dan bengkak pada kedua paha atau salah satu paha saja.

Itulah beberapa ciri kanker serviks yang jarang disadari oleh wanita. Dengan memperhatikan ciri-ciri kanker serviks tersebut, maka anda tidak perlu lagi melakukan Pap Smear, karena sebenarnya anda juga bisa mendeteksi keberadaan kanker serviks dengan mengetahui ciri-ciri kanker serviks sejak dini.

Lalu, bagaimana cara mencegah kanker serviks?

Untuk menghindarkan diri dari resiko terkena kanker serviks, maka pastikan bahwa selalu mengonsumsi makanan yang sehat, mengatur pola hidup, menghindari minuman beralkohol, serta menghentikan kebiasaan merokok. Juga yang paling penting dari cara mencegah kanker serviks adalah pastikan untuk tidak gonta-ganti pasangan. Jangan lupa, jaga selalu kebersihan daerah kewanitaan anda agar terhindar dari kanker serviks.

loading...
Loading...
ciri ciri sabu sabu yang asli, ciri ciri sabu sabu palsu, ciri ciri sabu palsu, ciri santan basi, ciri khusus ikan sidat, fibre primvital apakah bisa untuk kanker ovarium

Ciri-ciri Kanker Serviks yang Jarang Disadari Wanita | akbar | 4.5