Ciri-ciri Beras Plastik Oplosan yang Beredar di Pasar

Ada saja cara curang yang dilakukan oleh pedagang nakal untuk meraup banyak keuntungan. Salah satunya adalah dengan mengoplos beras asli dengan beras palsu, yaitu beras plastik.

Awalnya beras plasti ini berasa dari China, dan kini beras plastik atau beras palsu ini mulai beredar di Indonesia. Karena itulah, para ibu rumah tangga sebaiknya berhati-hati saat membeli beras. Pastikan bahwa beras yang dibeli adalah beras asli untuk menghindari dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Ciri-ciri Beras Plastik yang Beredar di Indonesia

Adalah Dewi Septiani, ibu rumah tangga yang menjadi salah satu korban yang membeli beras plastik. Sebelumnya, Dewi Septiani yang sehari-hari sebagai ibu rumah tangga mengakui menemukan beras tersebut di pasar Mutiara Gading Timur, Bekasi. Ia pun membagi pengalaman buruknya tentang beras plastik yang pernah ia beli.

Ibu Dewi, sebagaimana yang dikutip dari Okezone menjelaskan tentang perbedaan beras plastik dengan beras asli.

  1. Beras plastik bila dimasak tidak bisa menyerap langsung air. Jadi posisinya si beras plastik berada di atas tidak bisa campur dengan nasi.
  2. Pada waktu akan masak bubur, nasinya hanya bisa mengendap ke bawah, lalu airnya ke atas.
  3. Beras plastik tidak lembek, melainkan tetap berbentuk beras.
  4. Beras plastik juga berbeda rasanya. Beras plastik berasa tawar dan di mulut agak sedikit getir.
  5. Saat dimakan, beras yang sudah diolah menjadi jika dimakan akan membuat perut terasa mual dan bahkan sakit perut.
  6. Beras plastik dengan beras asli sama berwarna putih. Bedanya jika beras asli ada semacam guratannya, jika beras palsu (beras plastik) halus saja.

Untuk mengelabuhi para pembeli, biasanya penjual akan mengoplos beras plastik dengan beras asli. Dengan demikian, maka akan butuh kejelian untuk mengetahui dan membedakan antara beras asli dengan beras plastik oplosan.

Adapun cara mencegah agar tidak tertipu membeli beras plastik atau beras oplosan, maka sebaiknya kita harus jeli saat membeli beras. Jangan tergiur dengan harga beras murah. Pastikan kita membeli beras di warung yang sudah terpercaya. Juga saat akan dimasak, ada baiknya bila kita teliti lebih jeli lagi mengenai beras tersebut.

loading...
Loading...
ciri2 beras plastik, ciri ciri beras plastik, gambar beras plastik, ciri beras plastik, ciri ciri beras plastik dan gambarnya

Ciri-ciri Beras Plastik Oplosan yang Beredar di Pasar | akbar | 4.5