Cegah Terjadinya Kecelakaan dengan Mengetahui Ciri-ciri Kopling yang Bermasalah

Kopling termasuk salah satu komponen mobil yang sering bermasalah, apalagi ketika akan melakukan perjalanan melalui jalan menanjak dan kondisi macet. Penyebabnya bisa terjadi karena penggunaan kopling yang berlebihan dan menjadikan selip.

Karena itu sangat penting untuk memperhatikan tanda-tanda kopling mengalami keausan atau akan rusak. Jika sudah mengerti, maka segeralah lakukan perbaikan.

Cara Mengetahui Kerusakan Pada Kopling Mobil

Untuk mengetahui kerusakan pada kopling bisa diketahui dengan timbulnya bau seperti karet terbakar. Hal tersebut menandakan kanvas kopling sudah terbakar, dikarenakan adanya selip yang berlebihan.

Kemudian yang kedua dan cukup terasa efek kerusakannya, yaitu ketika persneling sudah sulit untuk dipindahkan. Jika sudah seperti ini, dan perjalan masih cukup jauh, sebaiknya cari bengkel terdekat.

loading...

Jika dua gejala tersebut diabaikan, maka yang ketiga yaitu kopling sudah benar-benar tidak bisa digunakan. Ciri-cirinya bisa diketahui dengan mobil tidak mau berjalan, meski persneling sudah masuk ke posisi bergerak dan pedal kopling dilepas.

loading...
Loading...
Cegah Terjadinya Kecelakaan dengan Mengetahui Ciri-ciri Kopling yang Bermasalah | akbar | 4.5