Cegah Stroke Menyerang di Usia Muda, Hindari Makanan Asin dan Berlemak

Meski umumnya stroke menyerang mereka yang berusia 50 tahun ke atas, namun stroke juga bisa menyerang pada usia muda. Bahkan saat ini orang usia muda memiliki potensi besar untuk menderita penyakit tersebut, demikian menurut hasil dari sebuah penelitian di Inggris. Gaya hidup tidak sehat adalah salah satu penyebab stroke.

Stroke terjadi ketika aliran darah ke otak tersumbat. Hal ini bisa disebabkan karena adanya gumpalan pada aliran darah yang menjadi penyumbat darah untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke otak. Saat otak tidak mendapat aliran oksigen dan nutrisi yang diperlukan, maka otak tidak bisa memerintah gerak tubuh, sehingga terjadi kelumpuhan. Demikian sebagaimana yang dilansir Stroke Association, Kamis (8/1/2015).

Penyebab Utama Stroke di Usia Muda

Caroline Watkins, Profesor Stroke dan Perawatan Orang Tua di Universitas Lancashire Tengah, mengatakan tips kesehatan terkait stroke adalah dengan menghindari konsumsi makanan asin dan berlemak yang berlebihan serta cegah obesitas.

Makanan Asin
Konsumsi asupan garam berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan dinding arteri mengeras serta menyempit. Kondisi seperti itu akan menimbulkan terjadinya penggumpalan pada aliran darah.

Makanan Berlemak
Makanan dengan kandungan lemak tinggi menyebabkan penumpukan plak lemak dalam arteri. Apabila plak terus menumpuk, akan mengakibatkan penyumbatan aliran darah.

Obesitas
Obesitas atau penumpukan lemak berlebihan, otomatis sangat berpotensi menjadi penyebab penyumbatan aliran darah. Namun begitu, Caroline juga menjelaskan perlunya kewaspadaan, bagi Anda yang sedang melakukan diet.

Perhatikan asupan makanan secara seimbang, karena diet dengan asupan gula berlebihan bisa meningkatkan risiko stroke. Kandungan gula yang tinggi bisa menyebabkan diabetes dan memicu gumpalan lemak dalam dinding pembuluh darah.

loading...
Loading...
Cegah Stroke Menyerang di Usia Muda, Hindari Makanan Asin dan Berlemak | lawas | 4.5