Cara yang Ampuh untuk Mencegah Gigitan Nyamuk Malaria

Malaria adalah penyakit yang cara penularannya disebarkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi oleh parasit Plasmodium. Penyakit malaria termasuk berbahaya dan harus diwaspadai karena angka kematian pada penderita malaria cukup tinggi, terlebih bila tidak segera ditangani dengan benar.

Gejala yang muncul pada penderita malaria biasanya demam, berkeringat, menggigil atau kedinginan, muntah-muntah, sakit kepala, diare, dan nyeri otot. Harap diperhatikan bahwa gejala penyakit malaria tidak akan muncul langsung begitu saja, karena pada umumnya butuh waktu setidaknya satu sampai dua minggu setelah tubuh terinfeksi.

Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Malaria yang Ampuh

Sama seperti pada penyakit demam berdarah, cara penularan penyakit malaria juga melalui gigitan nyamuk yang sebelumnya sudah terinfeksi oleh parasit Plasmodium. Karena itu, menghindarkan diri dari gigitan nyamuk sangat penting dilakukan untuk mencegah penularan dari penyakit malaria.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah gigitan nyamuk penyebab malaria diantaranya adalah dengan menerapkan langkah-langkah sederhana seperti berikut ini:

– Karena nyamuk malaria lebih sering mengnggit di malam hari, maka sebisa mungkin untuk menghindari gigitan nyamuk dan tinggal di dalam rumah ketika malam, serta sebaiknya ruangan ber-AC.

– Khususnya dari petang hingga menjelang terbitnya matahari, sebaiknya memakai kemeja dan celana lengan panjang.

– Untuk cara mencegah gigitan nyamuk malaria juga bisa dilakukan dengan menggunakan kelambu saat tidur dan juga menggunakan obat nyamuk yang diolesi pada kulit.

– Jagalah lingkungan agar selalu bersih dan konsumsilah obat anti-malaria jika hendak ke luar negeri, terutama ke negara-negara yang rawan malaria.

Itulah beberapa cara mencegah gigitan nyamuk penyebab malaria yang bisa dilakukan. Langkah pencegahan ini sangat penting untuk dilakukan mengingat penyakit malaria termasuk salah satu penyakit berbahaya yang bisa merenggut siapa saja.

loading...
Loading...
cara agar sakit demam tinggi, cara agar sakit demam, cara biar sakit demam tinggi, cara agar sakit panas tinggi, cara agar demam, cara agar cepat sakit demam, cara membuat sakit demam, cara supaya demam tinggi, cara supaya sakit, cara agar sakiy demam, normalkah berkeringat tengah malam

Cara yang Ampuh untuk Mencegah Gigitan Nyamuk Malaria | akbar | 4.5