Cara yang Ampuh dan Efektif untuk Mengatasi Insomnia

Lamanya waktu tidur yang ideal bagi setiap orang adalah sekitar 8 jam setiap harinya. Namun karena pengaruh dari beberapa faktor, semisal adalah karena stres, cemas atau pengaruh obat-obatan menyebabkan pola tidur seseorang menjadi terganggu hingga menyebabkan sulit tidur atau yang juga dikenal dengan insomnia.

Padahal, ketika seseorang mengalami insomnia, hal ini akan memberikan pengaruh cukup besar terhadap tingkat energi, suasana hati dan yang pastinya juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan.

Cara Mengatasi Insomnia

Sebagaimana yang dikutip dari laman Healthmeup, ada beberapa cara yang bisa dilakukan bagi anda yang sering mengalami untuk mengatasi hal tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia misalnya:

1. Sebelum tidur, hindarilah makan besar

loading...

Batas minimal waktu makan berat hingga menjelang tidur adalah 2 jam. Bila anda makan berat terlalu dekat dengan jam tidur anda, maka yang terjadi adalah anda akan sulit tidur. Hal ini karena otak masih harus bekerja untuk memerintahkan sistem pencernaan terus bekerja untuk memproses makanan dalam perut. Padahal, tidur adalah waktu istirahat bagi seluruh organ tubuh. Maka jangan heran bila anda sulit tidur.

Solusinya, anda bisa coba minum segelas susu hangat dan madu di malam hari. Susu mengandung tryptophan yang dapat membuat serotonin, yaitu suatu zat kimia dalam otak yang bisa membuat anda merasa nyaman dan senang sehingga akan bisa membantu anda tidur lebih mudah.

2. Oleskan Aroma Lavender

Lavender dikenal memiliki transquiliser ringan yang bisa membantu anda untuk bisa tidur lebih nyenyak. Solusinya, anda bisa coba mengoleskan pada aroma lavender pada bantal sebelum tiba waktunya akan tidur. Selain itu, mandi dengan aromaterapi yang menenangkan sebelum tidur juga akan membantu anda merasa lebih rileks sehingga akan membuat anda bisa tertidur dengan mudah.

3. Hindari Tidur Siang

Ada orang yang bila tidak tidur di siang hari maka ia akan merasakan sakit kepala. Karena itu, meski hanya sebentar ia harus tidur di siang hari. Tidur di siang hari bagi beberapa orang memang keharusan. Tapi ingat, tidurlah hanya sekitar 10-20 menit saja saat siang hari. Jika melebihi itu, maka bukan tidak mungkin bila anda akan kesulitan tidur di malam hari.

4. Hindari melakukan olahraga berdekatan dengan waktu tidur

Saat anda ingin melakukan olahraga di malam hari, pastikan ada jeda waktu yang diambil antara olahraga dengan waktu tidur anda. Hal ini karena olahraga ternyata bisa menghambat tidur nyenyak anda.

5. Hindari konsumsi kafein menjelang tidur

Konsumsi kafein diketahui bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan tidur di malam. Namun batas toleransi terhadap kafein bagi setiap orang berbeda-beda. Ada bahkan yang hanya minum segelas kopi hitam saja maka ia akan merasa kesulitan tidur di malam hari. Namun ada juga yang meski ia sudah minum beberapa gelas kopi hal itu tidak mengganggu tidurnya.

Karenanya, bagi anda yang memang intoleransi terhadap kafein, ada baiknya menghindari minum kopi atau yang mengandung kafein lainnya menjelang tidur untuk mencegah insomnia. Akan lebih baik bila anda minum kopi menjelang waktu tidur karena itu bisa membantu menenangkan otak yang membuat anda menjadi tidur lebih cepat dan nyenyak.

loading...
Loading...
penyebab gak bisa tidur, cara buat bantal mengandung

Cara yang Ampuh dan Efektif untuk Mengatasi Insomnia | akbar | 4.5