Cara Terbaik Menghadapi Teman yang Egois

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Ada yang penyabar, gampang marah dan ada juga yang egois.

Berteman dengan orang yang memiliki sifat dan karakter egois memang seringkali menjengkelkan dan membuat tidak nyaman. Karena berteman dengan orang yang egois berarti kita harus siap dengan orang mengutamakan kepentingan pribadi, tidak peduli dampak apa yang akan terjadi kepada orang lain dan keras kepala dalam mempertahankan pendirian.

Meski kita sudah tahu akan dampak buruk yang muncul dan mungkin akan kita hadapi bila berteman dengan seseorang yang egois, maka bukan berarti kita harus menjauhi dan meninggalkan orang tersebut. Karena dibalik keegoisannya pasti akan ada nilai tambah yang dimiliki dan bisa jadi bermanfaat bagi kita.

Pribadi egois adalah pribadi yang melihat segala sesuatu dari kacamatanya. Dia tidak bisa memahami pikiran dan perasaan orang, jadi selalu menuntut orang untuk mengikuti pendapatnya. Pribadi egois juga adalah pribadi yang mementingkan dirinya sendiri, dia tidak bisa mempertimbangkan kebutuhan orang, dia senantiasa mengedepankan kebutuhannya di atas kebutuhan orang.

Cara Terbaik Menghadapi Teman yang Egois

Sebagaimana yang dikutip dari laman Psychologytoday, untuk menghadapi teman yang egois, maka ada beberapa hal dan tindakan yang bisa kita lakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Pahami posisi mereka

Memahami bukan berarti membiarkan orang bebas mengintimidasi dengan keegoisan. Namun sebelumnya temukan alasan mengapa sifat egois begitu melekat pada dirinya.

2. Jangan tersinggung

Orang egois pada dasarnya hanya ingin yang terbaik untuk dirinya sendiri. Bila anda dihadapi dengan teman yang seperti itu, jangan pernah tersinggung dengan tingkah lakunya. Karena itu memang sudah menjadi sifat dan karakternya.

Apalagi bila dia marah ketika keinginannya tak dapat diwujudkan oleh anda. Karena dengan cara semudah ini anda akan terhindar dari intimidasinya.

3. Jangan menganggap serius

Jangan menganggap serius setiap permintaan teman anda. Karena dia hanya ingin kepentingannya terwujud tanpa berpikir apakah anda akan menderita atau tidak.

Itulah beberapa cara untuk menghadapi teman yang egois yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.

Untuk menghilangkan sifat egois sepertinya memang tidak mungkin, namun untuk menguranginya ini sangat mungkin. Karena egois sebenarnya adalah sifat asli dari manusia. Hanya saja yang jadi masalah adalah bisa atau tidak kita mengontrolnya. Walau bagaimanapun juga seseorang suatu saat memang diharuskan untuk berlaku egois.

loading...
About these ads

Loading...
Cara Terbaik Menghadapi Teman yang Egois | akbar | 4.5