Cara Sederhana untuk Menghemat Tagihan Listrik Di Rumah

Beberapa kebiasaan yang tanpa anda sadari ternyata ikut membantu dalam membengkaknya jumlah tagihan listrik bulanan di rumah anda. Sebut saja misalnya charger hp. Kebiasaan tidak melepas charger dari stop kontak setelah selesai mengisi ulang daya adalah salah satu contoh hal yang bisa menambah beban pengeluaran listrik.

Nah, apa dan bagaimana cara sederhana menghemat listrik di rumah?

1. Televisi

Cara mudah mematikan televisi adalah dengan menekan tombol standby. Namun, posisi televisi dalam kondisi standby ternyata masih memakan daya listrik. Karena itu, matikan tv dengan benar yaitu dengan mencabut colokan atau steker listrik. BIar lebih mudah, anda pun bisa menggunakan terminal listrik yang menggunakan tombol on / off agar anda bisa langsung menekan off-nya saja untuk mematikannya. Selain itu, sebaiknya hidupkan TV saat memang benar-benar anda ingin menontonnya.

2. AC

Sebelum ruangan digunakan, ada baiknya anda stabilkan terlebih dahulu suhu ruangan selama satu jam dengan menghidupkan AC di suhu tertentu, misalnya di suhu 24 derajat celsius.

Apabila kemudian anda ingin menurunkan suhu, lakukanlah setelah satu jam penggunaan pada suhu awal. Ingatlah bahwa setiap penurunan 1 derajat Celsius akan menambah penggunaan daya listrik sebesar 6 persen. Jadi, hindari terlalu sering menaik-turunkan suhu.

3. Charger HP

Kebiasaan menggantung charger telepon genggam atau handphone di colokan harus segera ditinggalkan.

Tahukah anda bila hal tersebut ternyata masih memakan listrik hingga 30 persen dari daya listrik normalnya? Untuk itu, cabut charger handphone setelah anda selesai mengecasnya.

4. Kulkas

Saat anda menggunakan kulkas, lemari es, atau freezer, hindari memasukkan minuman dan makanan yang masih panas ke dalamnya. Lalu, atur suhunya sesuai kebutuhan, namun jangan terlalu rendah karena itu akan memakan energi listrik yang cukup besar.

Itulah tips sederhana cara menghemat tagihan listrik di rumah anda sebagaimana yang dikutip dari laman Rumahku. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Cara Sederhana untuk Menghemat Tagihan Listrik Di Rumah | akbar | 4.5