Cara Pintar Pilih Aksesoris Berkendara Selama Musim Hujan

Hujan yang turun sepanjang hari membuat jalanan semakin licin. Resiko berkendara, khususnya pengguna sepeda motor pun semakin tinggi.

Untuk itu, khususnya pengguna sepeda motor, sebaiknya memperhatikan aksesoris yang akan digunakan untuk berkendara di musim hujan seperti sekarang ini.

Berikut ini adalah beberapa aksesori atau alat keselamatan wajib yang perlu diperhatikan saat anda memutuskan naik sepeda motor untuk pergi ke kantor:

1. Helm

Pastikan anda menggunakan helm ber-SNI demi meningkatkan keselamatan jika terjadi benturan saat terjadi kecelakaan. Helm yang ideal digunakan saat musim hujan adalah helm jenis full face. Karena dengan memakai helm full face saat berkendara, wajah dan mata tidak terganggu oleh guyuran air. Nantinya anda juga bisa menambahkan aksesoris lapisan anti embun untuk kaca helm sehingga pandangan dan konsentrasi anda selama berkendara tidak akan terganggu.

2. Jas Hujan

Hujan yang sering turun membuat anda harus siap sedia jas hujan. Jas Hujan diperlukan agar pakaian tidak basah dan mengganggu suhu tubuh pengendara. Jas hujan model jaket dan celana adalah jenis jas hujan yang ideal digunakan saat msuim hujan. Bukan jas hujan yang berbentuk jubah atau ponco karena berisiko tersangkut ke rantai atau roda. Selain itu, agar mudah terlihat pengendara di belakang, maka pilihlah jas hujan berwarna cerah, sehingga akan menghindarkan anda dari resiko tertabrak pengendara yang di belakang.

3. Sepatu

Tidak sedikit pengendara sepeda motor yang memilih memakai sendal untuk mencegah sepatu dari basah saat hujan. Padahal hal itu sangat tidak dianjurkan karena bisa berbahaya jika terjatuh atau terkena pantulan kerikil.

Sebaiknya gunakanlah sepatu anti air atau minimal menggunakan cover sepatu. Jika memang terpaksa, tetap bertahan menggunakan sepatu biasa. Jangan menapakkan kaki anda di atas mesin (center backbone). Terutama bagi anda yang mengendarai sepeda motor jenis bebek. Karena bila anda melakukan ini maka akan mengubah titik keseimbangan, yang bisa berujung pada pengendalian sepeda motor yang tidak prima.

4. Sarung tangan

Salah satu aksesoris penting yang juga tidak boleh dilupakan saat berkendara di musim hujan adalah sarung tangan. Dengan menggunakan sarung tangan akan membuat cengkraman tangan pada setang tetap maksimal. Agar lebih aman, sebaiknya gunakanlah jenis sarung tangan anti air.

loading...
About these ads

Loading...
Cara Pintar Pilih Aksesoris Berkendara Selama Musim Hujan | akbar | 4.5
cara membuat kaca helm tidak berembun, cara membuat rantai ban motor, cara membuat rantai ban, membuat rantai ban motor, cara bikin rantai ban gunung, membuat rantai diban motor, teknik membuat rantai ban motor