Cara Paling Mudah untuk Mengurangi Polusi Debu Asap di Rumah

Upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan yang berbuntut pekatnya kabut asap, masih terus dilakukan. Meski sudah mendapatkan bantuan dari beberapa negara tetangga, namun nyatanya hingga kini kabut akibat asap kebakaran hutan justru semakin bertambah pekat. Resiko gangguan kesehatan pun semakin besar mengancam masyarakat, khususnya di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Detik Health, Kementerian Kesehatan memberikan saran yang mudah dan murah namun cukup efektif untuk mengurangi polusi dalam ruangan yang disebabkan oleh asap debu.

Bagi warga yang terpengaruh atau berada di daerah kabut asap, maka solusi terbaik adalah dengan sebisa mungkin menghindar. Oleh karena itu disarankan agar orang-orang lebih banyak berdiam diri di rumah dengan alat bantuan seperti air conditioner (AC), air purifier, atau kipas menyala. Namun bila peralatan tersebut tidak ada, maka bisa memakai baskom air. Nantinya debu di udara yang masuk ke ruangan akan tertarik dan terperangkap.

“Taruh air satu baskom karena partikel debu itu nanti akan mengejar air. Itu sangat bagus jadi tidak usah pakai air purifier enggak apa-apa,” kata dr H Mohamad Subuh, MPPM, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP&PL), saat mengunjungi daerah terkena dampak asap di SMAN 1 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (15/10/2015).

Selain dengan menjaga kualitas udara, masyarakat juga dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi. Perbanyak minum air putih dan konsumsilah buah-buahan yang mengandung vitamin C. Hal ini sangat penting untuk resiko buruk yang mungkin akan timbul akibat kabut asap.

loading...
Loading...
Cara Paling Mudah untuk Mengurangi Polusi Debu Asap di Rumah | akbar | 4.5