Cara Mudah Mengobati Tenggorokan Kering

Cuaca akhir-akhir ini yang sering tidak menentu bisa menyebabkan munculnya banyak efek kesehatan bagi tubuh seseorang, salah satunya adalah radang tenggorokan. Penyebab radang tenggorokan ini biasanya terjadi akibat dari kurangnya cairan dan dehidrasi pada cuaca panas, sehingga menyebabkan tenggorokan menjadi kering.

Tenggorokan kering atau yang juga sering dikenal sebagai sakit tenggorokan (faringitis) biasanya ditandai dengan rasa gatal, kering, dan luka di tenggorokan, dan terasa sakit ketika berbicara atau menelan makanan. Karena itu perlu dilakukan penanganan dengan segera.

Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Yang Mudah Dilakukan

Tenggorokan yang kering biasanya akan memicu batuk, yang bila terus dibiarkan hal ini akan memicu terjadinya iritasi dan kesulitan untuk bernapas. Karen itu perlu segera dilakukan penanganan yang tepat terhadap kondisi tenggorokan kering. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tenggorokan yang terasa kering:

1. Lemon madu

loading...

Siapkan segelas air hangat, tambahkan perasan lemon dan madu. Minum ramuan tersebut terapi alami untuk mengatasi tenggorokan kering.

2. Teh hijau

Salah satu minuman tepat utnuk mengatasi tenggorokan kering tanpa efek samping adalah teh hijau. Anda bisa menambahkan sedikit madu untuk memperkaya rasa dan nutrisi minuman teh hijau tersebut.

3. Air putih

Tenggorokan yang kering bisa menjadi gejala dehidrasi yang tidak disadari. Karena itu anda bisa coba untuk mengkonsumsi banyak air putih demi mengatasi kondisi tenggorokan kering yang dialami.

4. Es krim

Menikmati es krim dingin juga bisa dilakukan untuk menyegarkan kembali kondisi tenggorokan yang kering. Tapi ingat, jangan berlebihan bila anda tidak ingin terkena flu.

5. Mengulum permen

Anda bisa menikmati permen rasa apapun untuk membantu menjaga kelembaban tenggorokan. Selain melembabkan tenggorokan, mengulum permen juga akan membuat produksi ludah lebih banyak dan mengatasi tenggorokan kering.

6. Puasa bicara

Untuk mencegah supaya kondisi tenggorokan tidak semakin buruk, maka untuk beberapa saat sebaiknya anda puasa bicara selama beberapa. Juga hindari kebiasaan berteriak karena hal itu juga akan memperparah kondisi tenggorokan.

Kebiasaan merokok merupakan salah satu penyebab tenggorokan kering. Karena itu, menghindari asap rokok dengan berhenti merokok atau menjauhkan diri dari orang-orang yang merokok dapat membantu mencegah tenggorokan kering.

Itulah berbagai cara alami untuk mengatasi tenggorokan kering yang dapat anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga dapat membantu untuk mengatasi masalah tenggorokan kering yang anda alami.

loading...
Loading...
minum madu dengan air dingin

Cara Mudah Mengobati Tenggorokan Kering | akbar | 4.5