Cara Mudah Mengganti Wiper Mobil Sendiri

Fungsi wiper pada mobil sangat penting dimana alat ini bertugas untuk membersihkan atau menyapu kotoran terutama air hujan yang ada pada kaca mobil. Karena bila bila tidak dibersihkan, maka akan dapat mengganggu kualitas pandang dari si pengemudi dan ini tentunya sangat berbahaya. Karena itu kondisi wiper mobil harus dijagara agar selalu “sehat”.

Wiper pada mobil perlu diganti secara berkala. Tidak hanya karena memperhatikan umur, namun juga kondisi fisik aksesoris kendaraan ini perlu menjadi pertimbangan kapan saatnya melakukan penggantian.

Melakukan penggantian wiper mobil tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Harus disesuaikan ukuran, model dan jenisnya. Tujuannnya adalah untuk mendapatkan performa yang optimal dari wiper tersebut. Karena bila tidak optimal, maka apa gunanya memakai wiper.

Cara Mudah dan Murah Mengganti Wiper Mobil

Cara yang praktis untuk mengganti wiper mobil tentunya adalah dengan membawa mobil langsung ke bengkel. Namun untuk langkah ini kita harus menyediakan dana ekstra. Mahal atau tidaknya ongkos yang harus dikeluarkan untuk mengganti wiper di bengkel nantinya adalah tergantung dari jenis wiper mobil serta ongkos jasa pemasangan.

Untuk menyiasati dan mengurangi biaya penggantian wiper mobil sebenarnya bisa kita atasi dengan cara mengganti sendiri wiper mobil tersebut. Caranya sebenarnya mudah, apalagi kalau yang perlu diganti itu hanya karet wipernya saja. Kita hanya perlu membeli karet refill yang sesuai lalu ikuti langkah-lang cara mengganti karet wiper seperti penjelasan berikut ini:

  1. Lepas karet lama dari frame. Tarik klip karet yang terdapat diujung frame.
  2. Lepaskan pula besi panjang yang menjadi ‘tulang’ karet.
  3. Masukkan karet yang baru dengan cara menggeser dari bagian bawah.
  4. Pastikan karet berada di rel yang terdapat di frame.
  5. Pasang besi panjang sebagai tulang karet.
  6. Kemudian kunci dengan cara menekan hingga klip tertutup sempurna. Bila perlu, tekan dibidang keras untuk memudahkan penguncian. Wiper pun siap dipasang di hook tiang.

Untuk cara menghemat biaya, selain dengan memasang karet wiper sendiri kita juga bisa memilih produk aftermarket. Namun tentunya produk yang akan digunakan harus masih dapat berfungsi dengan sempurna.

Memang jauh lebih baik kalau kita membeli produk wiper mobil yang orisinil dimana semua bagian dari wiper baru dan memiliki daya tahan lebih lama. Namun kalau budget kita sedang menipis apa daya mau dikata, membeli wiper mobil produk aftermarket bisa jadi pilihan sembari menunggu ada dana untuk membeli wiper mobil yang orsinil dan baru.

loading...
Loading...
Cara Mudah Mengganti Wiper Mobil Sendiri | akbar | 4.5