Cara Mudah Membuat USB Bootable untuk Windows 10

Windows 10, sistem operasi terbaru dari Windows kini sudah bisa dinikmati oleh umum. Windows 10 disebut-sebut sangat ringan sehingga layak untuk dicoba menggantikan sistem operasi Windows lama anda.

Untuk mendapatkan file instalasi Windows 10, anda bisa mendapatkannya secara gratis di situs resmi Microsoft. Anda bisa memilih jenis file installasi Windows 10, bisa langsung disimpan dalam USB flashdisk atau dalam bentuk ISO sehingga anda dapat menyimpannya untuk suatu saat nanti mungkin akan digunakan untuk menginstalasi komputer anda lainnya.

Saat anda memilih untuk mendapatkan file installer Windows 10 langsung ke flashdisk, maka anda bisa langsung menggunakannya untuk bootable. Namun bila pilihan anda adalah file ISO, maka untuk menggunakannya anda harus mem-burning-nya ke DVD atau bisa juga membuat bootable Windows 10 melalui USB flaskdisk. Bingung cara membuat USB Botable untuk Windows 10?

Ada cara mudah membuat bootable Windows 10 dari USB. Berikut caranya:

  1. Download program Rufus di sini
  2. Jalankan rufus.exe
  3. Setelah terbuka tampilan Rufus, hubungkan USB flashdisk anda ke komputer.
  4. Pada menu “Create a bootable USB drive option” silahkan pilih “ISO Image” kemudian klik tombol icon disk lalu cari lokasi anda menyimpan file ISO dari Windows 10.
  5. Terakhir klik tombol “Start” untuk memulai proses pembuatan USB Bootable Windows 10.
  6. Tunggu sampai prosesnya berjalan dan selesai.

Pastikan bahwa sebelum membuat USB Bootable WIndows 10 menggunakan program software Rufus, data yang ada di flashdisk sudah dibackup. Karena pada proses pembuatan USB Bootable ini data yang ada di Flashdisk akan hilang terhapus.

Untuk bisa menggunakan USB Bootable WIndows 10 untuk menginstall komputer, maka pastikan di BIOS diatur agar booting yang pertama menggunakan FUSB Flashdisk.

loading...
Loading...
Cara Mudah Membuat USB Bootable untuk Windows 10 | akbar | 4.5