Cara Merubah Ekstensi URL Halaman Website Menggunakan .htaccess

Beberapa waktu yang lalu saya baru saja memindahkan database blog lama ke blog yang baru. Sayangnya ekstensi URL permalink yang digunakan antara blog yang lama dengan yang baru berbeda. Jadi setelah berhasil di restore ke blog baru akan ada beberapa link yang ada di dalam artikel tidak bisa diakses.

Sebelumnya untuk blog lama saya menggunakan ekstensi .html untuk URL-nya. Misalnya saja http://domainlama.com/halaman-artikel.html. Sementara itu untuk blog baru menggunakan ekstensi “/” (tanpa tanda petik). Jadi setelah saya restore ke blog baru saat saya mengakses link http://domainbaru.com/halaman-artikel.html akan menampilkan halaman “not found”.

Untuk dari http://domainlama.com ke http://domainbaru.com saya bisa dengan mudah mereplace menggunakan aplikasi html editor semisal notepad++. Namun untuk merubah ekstensi .html ke / saya tdak bisa karena bila saya menggunaka fitur replace justru akan mengacaukan semuanya.

Saya juga kesulitan bila harus mengubah satu per satu ekstensi URL yang yang berasal dari blog lama, karena ada banyak yang harus diubah. Sementara itu bila saya harus merubah ekstensi URL blog baru juga sayang, karena blog sudah ada trafiknya. Pun demikian juga nanti saya masih harus merubah satu per satu URL ekstensi yang ada di artikel blog baru.

Jadi untuk mengatais hal itu maka saya harus melakukan pengaturan melalui .htaccess untuk memerintahkan agar browser secara otomatis akan membaca URL ekstensi yang lama ke yang baru. Jadi misalnya ada pengunjung yang membuka atau klik http://domainbaru.com/halaman-artikel.html maka otomatis browser akan mengarahkannya ke http://domainbaru.com/halaman-artikel/.

Untuk melakukan itu maka saya harus menggunakan perintah di .htaccess seperti berikut ini:

RedirectMatch 301 (.*)\.html$ http://domainbaru.com$1/

Cukup mudah dan tidak ribet.

Cara ini juga bisa digunakan untuk merubah ekstensi URL yang menggunakan .html .php. / atau lainnya, dan ingin diubah ke .html .php. / atau sesuai keinginan.

loading...
About these ads

Loading...
Cara Merubah Ekstensi URL Halaman Website Menggunakan .htaccess | akbar | 4.5