Cara Meredakan Konflik Rumah Tangga

Dalam kehidupan rumah tangga pasti akan selalu ada pertengkaran. Walau demikian, meski pertengkaran yang terjadi antara suami isri adalah hal yang biasa, namun pertengkaran yang terjadi harus segera diselesaikan dengan baik-baik. Jangan sampai pertengkaran kecil yang terjadi akan menghancurkan keharmonisan hubungan rumah tangga yang selama ini sudah anda bangun.

Untuk menyudahi pertengkaran yang terjadi, maka ego dari masing-masing pasangan harus dikesampingkan. Janganlah masing-masing merasa bahwa dirinya adalah yang paling benar. Karena bila ini terus dipertahankan maka perselisihan yang terjadi akan terus berlarut, hingga puncaknya pada akhirnya adalah akan menjadi yang benar-benar menakutkan. Yaitu berakhirnya hubungan rumah tangga atau cerai.

Ingat, dalam rumah tangga bukan hanya ada anda dan pasangan, namun juga ada anak-anak dan keluarga lain yang akan ikut terluka ketika pertengkaran itu terjadi.

Agar anak-anak dan keutuhan rumah tangga tetap terjaga, maka lebih baik segera selesaikan dengan cara yang terbaik pula tentunya. Lantas, bagaimana cara terbaik untuk menangani pertengkaran dalam rumah tangga?

Cara Meredakan Konflik Rumah Tangga

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan oleh suami-istri untuk mengatasi konflik yang ada dalam rumah tangga. Berikut diantaranya:

1. Jangan memaksakan sudut pandang Anda

Saat konflik sedang melanda, maka tentnya anda dan pasangan memiliki sudut pandang yang berbeda akan masalah tersebut. Bila anda memang merasa benar, maka buktikanlah. Namun bila ternyata anda yang salah, jangan malu untuk mengakui hal tersebut. Dan bila sebaliknya adalah pasangan anda yang salah, maka buatlah agar ia sadar dengan cara yang dewasa, jangan langsung menyudutkan.

2. Jaga kata-kata

Tajamnya lidah tak setajam pisau. Saat mulut sudah berucap, maka kata-katanya bisa membenkas di hati selamanya. Karena itu anda harus mampu menjaa mult anda dari kata-kata yang tidak seharusnya keluar, terutama saat terjadi pertengkaran dalam rumah tangga.

Karena hal ini sering terjadi dimana saat tengah ada pertengkaran pasutri, maka karena emosi yang memuncak dan akhirnya tak sengaja melontarkan kata-kata yang seharusnya tak keluar dari mulut. Karena itu, jaga kata-kata da bila perlu diam saja sampai merasa tenang.

3. Pegang erat tangannya

Memegang erat pasangan bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menghadapi argumentasi dalam pertengkaran rumah tangga. Peganglah secara erat tangan pasangan anda sebelum memulai diskusi untuk memecahkan masalah. Dan lihatlah, anda dan pasangan akan mulai merasa tenang.

Demikian tips cara meredakan konflik yang terjadi di dalam kehidupan rumah tangga. Semoga bermanfaat ntuk membuat kehiupan anda dan pasangan untuk selalu harmonis dan langgeng selamanya.

loading...
Loading...
Cara Meredakan Konflik Rumah Tangga | akbar | 4.5