Cara Merawat Sikat Gigi yang Benar Menurut Ahli Kesehatan

Sikat gigi adalah alat yang digunakan untuk menbersihkan gigi. Namun demikian, menggunakan sikat gigi tidak boleh sembarangan, terutama dalam cara merawatnya. Karena kebersihan sikat gigi juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulut.

Meski sikat gigi selalu digunakan setiap hari, namun belum tentu terjaga akan kebersihannya. Karena itu, pastikan anda merawat sikat gigi dengan tepat.

Meletakkan begitu saja sikat gigi di kamar mandi atau bahkan menggunakan sikat gigi bergantian dengan orang di rumah membuat sangat rentan akan pertukaran cairan tubuh dan perkembangbiakan bakteri. Karena itu, usahakan satu orang hanya memakai satu sikat gigi.

Untuk tips cara merawat sikat gigi dengan tepat, berikut yang bisa anda lakukan:

loading...

1. Hindari penggunaan sikat gigi bersama-sama

Jangan menggunakan sikat gigi bersama-sama, atau satu sikat gigi digunakan untuk seluruh anggota keluarga. Karena hal itu bisa memicu pertukaran cairan tubuh atau mikroorganisme antar pengguna sikat gigi.

Lebih parahnya lagi, bertukar sikat gigi bisa meningkatkan risiko infeksi pada pengguna dengan sistem kekebalan tubuh lemah.

2. Bersihkan sikat gigi dengan air bersih

Setelah menggunakan sikat gigi, bilaslah sikat gigi menggunakan air bersih dan letakkan sikat gigi tersebut dengan posisi berdiri agar cepat kering.

Selanjutnya, beri jarak sikat gigi anda dengan sikat gigi lainnya. Dengan demikian, bakteri tidak akan mudah tertukar.

3. Simpan dalam wadah yang kering

Simpanlah sikat gigi anda dalam wadah yang kering. Pasalnya, wadah yang lembab akan memicu terjadinya perkembangan bakteri.

Idealnya, sikat gigi disimpan di tempat yang terbuka dan kering atau di tempat yang memiliki lubang udara.

itulah tips cara merawat sikat gigi yang benar dan tepat. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
menyikat wajah dengan sikat gigi

Cara Merawat Sikat Gigi yang Benar Menurut Ahli Kesehatan | akbar | 4.5