Cara Merawat Sepatu Kulit yang Tepat Agar Selalu Kinclong

Sepatu merupakan salah satu aset penting dalam menunjang kesempurnaan seseorang dalam berpenampilan, terutama bagi pria dewasa. Ada banyak jenis sepatu yang bisa dipakai, salah satunya adalah sepatu kulit.

Namun berbeda dengan jenis sepatu lainnya, cara merawat sepatu kulit diperlukan kehati-hatian. Karena bila tidak dirawat secara tepat, maka sepatu kulit bisa jadi akan lebih cepat rusak.

Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar Agar Selalu Kinclong

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam merawat sepatu berbahan dasar kulit. Diantaranya:

1. Bersihkan sepatu dan semir

loading...

Aturan dasar untuk membersihkan sepatu kulit adalah sepatu harus dibersihkan setelah pulang dari pada sebelum pergi. Cara yang terbaik untuk membersihkan sepatu kulit adalah dengan kain lembut atau spons. Jangan menggunakan sikat yang keras karena akan memunculkan retakan pada permukaan kulit. Sehingga sepatu akan cepat lusuh.

Jangan pula dicuci, cukup dengan lap basah dan benar-benar ditunggu hingga kering. Ketika sepatu kering, oleskan semir sepatu secara merata dan gosokkan ke permukaan kulit. Manfaat dari menyermir sepatu akan menghindari dehidrasi pada kulit sepatu, serta menjaga fleksibilitas pada sepatu kulit anda.

2. Keringkan sepatu

Sepatu kulit harus dikeringkan pada suhu kamar, jauh dari sinar matahari langsung dan pemanasan yang tak alami dari alat pengering. Sekiranya membutuhkan waktu 18 sampai 20 jam untuk menghilangkan kelembapan.

Bila terpaksa anda terjebak hujan dan sepatu kulit menjadi basah, maka jangan meletakkannya di belakang dekat radiator pemanas, agar cepat kering. Karena cara itu justru membuat kulit sepatu akan terkelupas. Nah, untuk mengeringkan sepatu kulit yang basah karena hujan, maka cukup mengeringkannya dengan koran untuk menjaga kelembapan. Jangan lupa meletakkan di tempat yang bersuhu ruangan.

3. Simpan sepatu dengan benar

Ada dua cara untuk menyimpan sepatu kulit, disimpan di ruang terbuka untuk pemakaian sehari-hari dan simpan dalam kotak jika sepatu jarang digunakan.

Kualitas sepatu kulit akan terjaga, terutama pada desainnya, ketika anda meletakkan shoe trees ke dalamnya. Shoe trees juga bisa membantu mengurangi aroma yang tidak sedap dan membantu sepatu kulit terlihat kering.

4. Segera memperbaikinya bila rusak

Bila menemui masalah karena sepatu yang rusak, maka jangan menunda untuk segera memperbaikinya. Semakin lama sepatu kulit dibiarkan dalam kondisi rusak, maka semakin rusak pula sepatu kulit kesayangan anda.

Itulah beberapa cara sederhana untuk merawat sepatu yang berbahan kulit yang bisa dilakukan. Tidak hanya akan membuat sepatu selalu terlihat bersih, namun sepatu kulit juga akan selalu dalam kondisi prima dan tidak cepat rusak.

loading...
Loading...
cara buat alat bantu pria sederhana, bikin alat bantu pria

Cara Merawat Sepatu Kulit yang Tepat Agar Selalu Kinclong | akbar | 4.5