Cara Merawat Knalpot Motor Agar Tidak Karatan

Karat yang muncul pada knalpot motor bila terus dibiarkan tanpa dirawat bisa menyebabkan knalpot menjadi bocor. Tentunya ini pada lama kelamaan akan mengganggu kinerja dari mesin sepeda motor.

Cara merawat knalpot sepeda motor sendiri sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Namun sayang, banyak yang mengabaikan tentang perawatan knalpot sepeda motor. Akibatnya, knalpot motor jadi cepat berkarat dan lama-lama akan menyebabkan knalpot bocor. Bila demikian, kerugianlah yang akan didapat.

Bila tidak diganti, knalpot motor yang sudah bocor akan berimbas pada perubahan suara dan juga akan menyebabkan performa mesin menjadi berkurang. Karena itulah, usahakan untuk meluangkan waktu guna melakukan perawatan pada komponen sistem pembuangan motor ini.

Cara Merawat Knalpot Motor Agar Tidak Karatan

Untuk cara merawat knalpot agar bisa awet, tidak berkarat dan tentunya terlihat mulus, maka hal yang pertama harus dilakukan adalah rajin mencuci motor, apalagi bila motor habis kehujanan. Manfaat dari rajin mencuci motor tidak hanya berguna untuk menjaga knalpot saja, namun juga akan menjauhkan komponen motor berbahan metal dari serangan karat. Setelah selesai, jangan lupa untuk mengeringkan motor hingga benar-benar kering.

loading...

Saat akan memanaskan motor, tuangkan sedikit oli, 1-2 sendok makan, ke dalam knalpot. Kemudian, oleskan pula pelumas di bagian leher knalpot setelah selesai memanaskan mesin motor. Tujuan dan manfaat dari melakukan kedua hal ini adalah untuk mengeluarkan kotoran yang berada dalam knalpot serta menjaga knalpot dari karat.

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Sepeda Motor

Untuk menghilangkan knalpot yang ada di knalpot sepeda motor, maka bisa dilakukan dengan memakai oli bekas atau yang sudah tidak bisa dipaka. Cara menghilangkan karat yang ada di knalpot sepeda motor yaitu dengan mengoleskan oli bekas secara merata pada bagian knalpot motor yang sudah mulai terlihat berkarat. Misalnya oli bisa dioleskan pada bagian leher knalpot motor ataupun pada pipa knalpot.

Selanjutnya sepeda motor dihidupkan dan biarkan selama beberapa menit sehingga temperatur knalpot menjadi panas. Nantinya oli yang sudah dioleskan pada knalpot akan bereaksi dan melelehkan karat yang menempel pada knalpot.

loading...
Loading...
Cara Merawat Knalpot Motor Agar Tidak Karatan | akbar | 4.5