Loading...

Cara Merawat Jas Hujan Agar Tidak Cepat Rusak

Sebagai salah satu alat pelengkap kenyamanan dalam berkendara, keberadaan jas hujan ini memang tidak selalu digunakan setiap waktu. Namun ketika tiba saatnya, jas hujan benar-benar sangat dibutuhkan. Ya, bila hujan dan ternyata anda tidak membawa atau ternyata jas hujan yang anda bawa tersebut rusak, maka anda akan menjadi basah kuyup dan tidak menutup kemungkinan akan membuat anda menjadi sakit.

Gambar Prosedur Cara Merawat Jas Hujan

Cara Merawat Jas Hujan

Cara Merawat Jas Hujan yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Agar jas hujan bisa digunakan sebagaimana fungsinya dengan benar, maka jas hujan harus berada dalam kondisi yang baik, tidak rusak. Karenanya dibutuhkan perawatan terhadap benda ini.

Namun seringkali tanpa kita sadari apa yang kita lakukan dengan tujuan untuk merawatnya ternyata justru membuat jas hujan menjadi cepat rusak. Apa sajakah itu?

Menjemur jas hujan
Dengan harapan agar jas hujan menjadi cepat kering sehingga jas hujan bisa disimpan kembali dalam jok motor, maka menjemur di bawah terik matahari menjadi pilihan setelah jas hujan selesai digunakan. Padahal langkah ini sangat tidak dianjurkan. Karena melakukan ini akan bisa membuat jas hujan cepat kehilangan elastisitasnya, sehingga berakibat cepat rusak.

Melipat jas hujan setelah dipakai
Bila tidak boleh dijemur, apakah berarti jas hujan boleh langsung dilipat dan disimpan di jok?

Jas hujan yang baru selesai dipakai tidak boleh langsung dilipat bila kondisinya masih basah. Bila anda memaksakan untuk melakukannya maka yang ada adalah jas hujan akan menjadi bau.

Mencuci jas hujan
Jas hujan memang disarankan untuk dicuci. Mencuci jas hujan akan membuatnya selalu dalam kondisi bersih, bebas dari kotoran seperti debu ataupun pasir yang menempel dan tentu saja jas hujan akan terhindar dari munculnya bau tidak sedap ketika lama disimpan.

Namun saat mencucinya, anda tidak dianjurkan menggunakan deterjen. Gunakan saja air bersih dan sabun cuci piring, ini lebih aman digunakan. Pada jas hujan dengan bahan karet cukup gunakan air dan lap basah. Karena sifat bahan karet sangat mudah dibersihkan.

Ingat, jangan mengucek jas hujan ketika mencucinya. Mengucek saat mencuci jas hujan sangat tidak dianjurkan karena bisa merusak lapisan karet dalam jas hujan tersebut. Untuk membersihkan jas hujan lebih baik menggunakan busa, seperti pada saat mencuci motor.

Sementara cara terbaik untuk mengeringkan jas hujan, anda bisa menggunakan gantungan baju dan angin-anginkan saja untuk mengeringkannya. Cara mengeringkan jas hujan seperti ini berguna untuk menjaga kualitas bahan jas hujan agar tetap awet. Setelah kering, lipat jas hujan dengan baik. Selanjutnya simpan kembali dalam tas khusus atau jok sepeda motor.

loading...
Loading...
Cara Merawat Jas Hujan Agar Tidak Cepat Rusak | akbar | 4.5