Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Yang Mudah Dilakukan

Pada tubuh manusia, ada dua tipe kolesterol, yaitu kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) yang biasa disebut sebagai kolesterol baik dan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) yang biasa disebut kolesterol jahat.

Fungsi kolesterol baik adalah untuk menjaga jantung dan pembuluh arteri dari penyakit jantung, sementara kolesterol buruk berperan sebaliknya. Kolesterol buruk bisa menyumbat jantung dan pembuluh arteri serta menaikan risiko terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung.

Untuk mencegah kolesterol jahat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, terutama dari jenis asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Berikut ini adalah cara menurunkan kolesterol jahat:

1. Memperbanyak Asupan Serat
Memperbanyak asupan serat adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol. Serat sangat baik untuk tubuh. Serat bisa ditemukan pada semua jenis biji-bijian, buah, dan sayuran. Serat memiliki kandungan senyawa cholesterol-lowering yang berfungsi sebagai antioksidan untuk kesehatan jantung. Selain itu, serat juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

Pastikan anda mengonsumsi banyak serat, gandum juga berperan sama seperti biji-bijian yang memiliki banyak manfaat lebih dari dibayangkan.

2. Makan 2 Porsi Kacang Seminggu
Kacang-kacangan dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Selain memiliki banyak kalori, kacang juga berfungsi untuk melindungi jantung dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular (jantung). Bila anda memiliki kadar kolesterol buruk yang tinggi, sebaiknya anda mengonsumsi kacang-kacangan lebih banyak atau kurang lebih sebanyak dua porsi kenari, almond, pistachio atau kacang tanah seminggu. Hal itu berfungsi untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol buruk yang membuat anda tetap sehat dan mengurangi risiko terkena serangan jantung dan kondisi fatal lainnya. Selain itu, kacang macademia juga berkhasiat sama.

3. Menghindari Lemak Jenuh
Daripada merokok dan alkohol, lemak jenuh diklaim lebih berbahaya. Faktanya, lemak jenuh merupakan sumber utama kolesterol jahat ada pada tubuh. Karena itu, mengurangi asupan telur dan semua makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi lainnya sangat direkomendasikan.

Selain sangat berbahaya bagi kesehatan anda, lemak jenuh juga bisa membuat tubuh aAnda gemuk. Sebagai alternatif, coba mengganti makanan sehat lainnya, seperti minyak kanola dan minyak zaitun.

4. Memperbanyak Konsumsi Ikan
Kandungan nutrisi yang terpenting di dalam ikan adalah omega 3. Omega 3 terkenal akan kandungan kolesterol buruknya yang sedikit. Manfaat asam lemak omega 3 selain merendahkan kadar kolesterol jahat juga mengurangi kandungan triglycerides. Untuk anda yang tidak menyukai ikan, solusinya adalah dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan, meskipun memakan ikan segar memiliki manfaat yang baik jika dikonsumsi secara berkelanjutan.

Dokter menyarankan seseorang yang kadar kolesterol buruknya tinggi sebaiknya mengonsumsi ikan salmon 2 hingga 3 porsi seminggu, dimana ikan salmon sebagai spesies ikan terbaik. Selain ikan salmon, dapat juga digunakan makanan mengandung omega-3, kacang, dan minyak zaitun untuk mengurangi kolesterol buruk.

5. Memperbanyak Makan Dark Chocolate
Tidak sedikit orang yang salah paham dengan paradigma bahwa ‘makan cokelat akan menambah ukuran pinggang Anda melebar’. Padahal, dark chocolate berperan penting untuk kemampuan daya nalar dan kesehatan anda bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Mengonsumsi sedikit dark chocolate sehari-hari dapat menaikan kadar kolesterol baik anda sebanyak 15% selama beberapa minggu. Namun, pastikan anda tidak mengonsumsinya melebihi dosis yang disarankan sehari-hari. Karena bila tidak mengonsumsi sesuai yang disarankan, maka bisa berisiko lebih buruk daripada itu.

6. Olahraga yang Teratur
Walaupun anda bisa menjaga kadar kolesterol dengan menerapkan pola makanan sehat, namun anda juga disarankan untuk mengkombinasikan makanan sehat dan diet seimbang menggunakan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 bersamaan dengan olahraga agar anda bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Ahli statistik menilai bahwa olahraga 3 hingga 4 sesi seminggu bisa membantu menurunkan kolesterol buruk sebanyak 10%. Olahraga 45 menit sehari bisa membuat perubahan pada penampilan anda. Anda tidak harus pergi ke gimnasium untuk olahraga, namun cukup dengan berlari anda bisa mengontrol kadar kolesterol.

7. Mengonsumsi Obat untuk Menurunkan Kadar Kolesterol
Pengobatan kolesterol adalah solusi terakhir yang bisa anda lakukan bila semua cara menurunkan kadar kolesterol jahat di atas namun tetap juga tidak berhasil. Lakukan konsultasi pada dokter atau ahli medis yang akan memberikan anda resep obat untuk menurunkan kadar kolesterol, selain itu berbagai kebiasaan gaya hidup yang berisiko terkena penyakit jantung harus dikurangi dalam beberapa minggu.

Untuk mengurangi kadar kolesterol buruk dari niasin dan asam empedu fibrates resin, ada beragam pengobatan dan suplemen yang dirancang. Namun, satu-satunya yang bisa menentukan pengobatan terbaik yang baik untuk anda adalah dokter, dokter yang akan mempertimbangkan kondisi kronis lainnya yang mungkin anda derita.

loading...
About these ads

Loading...
Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Yang Mudah Dilakukan | lawas | 4.5