Cara Menjaga Kesehatan Telinga Agar Tetap Berfungsi Maksimal

Fungsi telinga tentunya kita semua sudah tahu, yaitu sebagai indera pendengar. Tanpa telinga yang berfungsi dengan sempurna, maka nikmat hidup akan terasa berkurang.

Indahnya alunan musik yang diperdengarkan tak akan ada artinya bila kemampuan telinga untuk mendengar terganggu. Namun sayang, meski fungsi telinga begitu besar masih saja diantara kita yang kurang memperhatikan kesehatan telinga.

Masalah gangguan telinga tidak hanya mengenai fungsi pendengaran yang berkurang, namun rasa sakit karena radang atau telinga gatal juga seringkali dirasakan mengganggu. Karena itu, rajin-rajinlah dalam menjaga kebersihan dan kesehatan telinga agar fungsinya tetap bisa maksimal.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga Agar Tetap Berfungsi Maksimal

Ada beberapa langkah penting yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga agar tetap dapat bekerja sebagaimana seharusnya fungsi telinga. Beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga diantaranya, yaitu:

1. Hindari kondisi basah

Bakteri dan jamur menyukai tempat yang basah dan hangat sebagai tempat tumbuh dan berkembang. Karena itu, penting untuk menjaga agar telinga tetap kering, bahkan setelah mandi. Jadi, pastikan untuk tidak lupa mengeringkan telinga setelah mandi.

2. Jangan terlalu sering dibersihkan

Kebersihan telinga harus selalu diperhatikan. Namun terlalu sering membersihkan telinga juga tidak baik. Bila hal itu dilakukan, maka akan menghilangkan lapisan penting telinga, seperti minyak atau serumen yang ada di sekitarnya. Fungsi dari serumen pada telinga berguna untuk mengikat debu, bahkan serangga kecil yang mencoba masuk.

3. Kunyah sebaik-baiknya

Mengunyah makanan dengan baik sangat penting dilakukan. Tidak hanya bagi usus, namun juga untuk telinga. Karena manfaat mengunyah selain membantu usus lebih mudah dalam mencerna makanan, mengunyah juga merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan kotoran dari dalam telinga. Karena itu, usahakan untuk tidak mengunyah dengan cepat dan singkat saat makan.

4. Periksa rutin

Pemeriksaan telinga bisa dilakukan secara rutin setidaknya setahun sekali. Tidak hanya untuk menjaga kebersihannya, namun manfaat dari melakukan pemeriksaan telinga ini berguna untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga kita.

5. Atur volume suara

Selain berisik dan mengganggu tetangga sekitar, suara musik yang diputar dan terlalu kencang bisa merusak dan mengganggu pendengaran. Kalaupun ingin menggunakan earphone, maksimal hanya boleh dua jam sehari. Setelah itu, istirahatkan pendengaran selama enam jam.

6. Pakai eardrops

Untuk melindungi serta menghindari masuknya kotoran atau binatang kecil masuk ke telinga, anda bisa memanfaatkan eardrops saat berenang atau tidur.

Itulah beberapa cara menjaga telinga agar tetap sehat sehingga fungsi dan kinerjanya dapat selalu maksimal sebagai indera pendengaran pada manusia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

loading...
Loading...
Cara Menjaga Kesehatan Telinga Agar Tetap Berfungsi Maksimal | akbar | 4.5