Cara Menjaga Diri dari Serangan Virus Zika

Disaat wabah sakit demam berdarah dengue atau DBD tengah ramai diberitakan, kini muncul kabar tentang adanya serangan penyakit baru yang cara penularannya sama dengan DBD, yaitu melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Jenis penyakit yang baru-baru ini ramai dibertakan adalah mengenai serangan virus Zika. Virus yang pertama kali ditemukan di hutan Zika, Afrika ini menular melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang diperkirakan telah menyebabkan cacat lahir yang serius pada ribuan bayi di Brasil.

Musim penghujan memang waktu dimana nyamuk berkembang biak. Banyaknya genangan air di sekitar rumah menjadi tempat favorit bagi nyamuk untuk bertelur. Karena itu resiko serangan berbagai jenis penyakit akibat nyamuk pun semakin besar.

Meskipun kabarnya serangan virus Zika belum sampai ke Indonesia, namun alangkah baiknya bila kita melakukan pencegahan sejak dini terutama dalam hal mencegah dari gigitan nyamuk.

The Pan American Health Organization (PAHO), organisasi yang berada di bawah organisasi kesehatan dunia WHO telah memberikan anjuran mengenai bagaimana caranya mencegah serangan virus Zika.

Untuk semua ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan pra-hamil dengan melakukan pemeriksaan secara rutin dan mengikuti rekomendasi dokter.

Bila anda berencana untuk bepergian menuju daerah yang terinfeksi Zika, alangkah baiknya untuk terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan beberapa saran penting agar terhindar dari gigitan nyamuk Aides Aigypti yang dapat menularkan virus Zika, demam berdarah, dan chikungunya.

Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti Agar Terhindar dari Virus Zika

Wanita hamil dan janin di dalam kandungan sangat rentan terserang virus Zika. Janin akan mengalami kelainan fisik pada kepalanya (microcephaly) jika sang ibu terjangkit virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini.

Karena itu ibu hamil yang berada atau tinggal di wilayah terinfeksi virus Zika, sebaiknya menjaga diri dari paparan gigitan nyamuk. Adapun cara mencegah gigitan nyamuk bisa dilakukan dengan menerapkan langkah-langkah seperti berikut ini:

Tutup bagian tubuh dengan mengenakan pakaian lengan panjang dan celana panjang. Juga gunakan lotion anti-nyamuk.

Selain itu, gunakan kelambu saat tidur, tutup jendela rumah pada siang hari. Sebab, nyamuk Aides Aigypti sangat agresif pada saat siang hingga sore hari.

Menyemprotkan racun serangga secara berkala sesuai petunjuk penggunaan dan saran dokter juga dapat dilakukan di sekitar rumah. Hal itu perlu dilakukan untuk mengidentifikasi dan menghilangkan potensi keberadaan nyamuk.

Yang juga tidak kalah penting adalah untuk men jaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah dan mengubur benda atau tempat yang dapat menimbulkan genangan air.

Cara mencegah gigitan nyamuk ini tidak hanya berguna untuk mencegah serangan virus Zika. Beberapa penyakit lain seperti demam berdarah dan chikungunya juga bisa dicegah dengan cara menerapkan langkah di atas untuk mencegah gigitan nyamuk.

loading...
Loading...
gambar nyemprot nyamuk

Cara Menjaga Diri dari Serangan Virus Zika | akbar | 4.5