Cara Mengusir Nyamuk yang Efektif

Satu masalah yang sering muncul saat musim hujan datang adalah banyak nyamuk. Ini karena saat musim hujan tiba, ada banyak genangan di sekitar rumah. Karena itu, menjaga kebersihan lingkungan khususnya sekitar rumah wajib hukumnya.

Banyak cara dilakukan orang untuk bisa mengusir nyamuk. Mulai dari penggunaan obat nyamuk berbahan kimia hingga membakar tumpukan sampah di rumahnya dengan harapan asap yang ditimbulkan dari pembakaran sampah mampu mengusir nyamuk. Namun apakah itu benar-benar efektif?

Membakar sampah tidaklah efektif mengusir nyamuk, demikian menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr HM Subuh, MPPM. Bahkan, kegiatan ini justru dapat menimbulkan risiko lain, salah satunya adalah bisa mengganggu saluran pernapasan. Karena kita tidak tahu barang-barang apa saja yang dibakar. Apakah itu organik dan non organik. Maka dari sisi polutan ini berbahaya.

Adapun cara yang efektif untuk mengusir nyamuk adalah dengan melakukan fogging focus. Cara ini bisa dilakukan setiap dua kali dalam seminggu dan harus seizin dinas kesehatan setempat.

loading...

Dalam proses fogging yang digunakan adalah insektisida yang tidak bahaya bagi manusia, karena dalam konsentrasi tertentu. Meski demikian cara ini juga tidak boleh dilakukan sembarang orang.

Cara mengusir nyamuk dari sekitar rumah yang juga bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) setiap satu minggu sekali. Cara ini dilalakukan dengan menerapkan pola 3M di masing-masing rumah.

Daripada mengusir nyamuk dengan cara membakar sampah, akan lebih baik bila cara mengusir nyamuk menggunakan metode 3M. Adapun 3M yang dimaksud adalah menguras bak mandi, menutup saluran atau genangan air dan menyingkirkan barang bekas.

loading...
Loading...
Cara Mengusir Nyamuk yang Efektif | akbar | 4.5