Cara Mengobati Sariawan Saat Sedang Puasa

Sariawan adalah masalah mulut yang terasa sangat mengganggu. Pada seseorang yang sedang mengalami sariawan maka hal itu akan membuat seseorang kesulitan untuk mengonsumsi makanan dan minuman. Kondisi mulut yang kering ditambah dengan sedang berpuasa bisa semakin memperburuk keadaan.

Biasanya butuh waktu selama beberapa hari agar sariawan bisa hilang dan sembuh dengan sendirinya. Namun kita tidak menginginkan bila harus terus menerus diganggu dengan sariawan tentunya. Karena itu kita bisa menerapkan beberapa cara pengobatan sariawan menggunakan metode alami agar sariawan bisa sembuh dengan segera.

Cara Mengobati Sariawan yang Muncul Saat Puasa dengan Bahan yang Alami

Meski penyebab sariawan tidak selalu karena kekurangan vitamin C, namun nyatanya banyak orang yang dengaan mengonsumsi suplemen vitamin C dapat membantu menyembuhkan sariawan dengan segera. Akan tetapi sebenarnya masih ada langkah lain untuk cara mengobati sariawan juga bisa dilakukan dengan beberapa cara yang alami. Berikut diantaranya:

1. Berkumur dengan air garam

Ambil sejumput garam ke dalam air hangat lalu aduk hingga tercampur. Gunakan air larutan garam tersebut untuk berkumur.

2. Beri bubuk kunyit

Terapkan kunyit bubuk dengan campuran madu pada luka sariawan. Zat ini memiliki kandungan bahan antibakteri dan antiradang yang baik untuk proses penyembuhan sariawan.

3. Makan tomat mentah

Menambahkan buah tomat yang kaya akan kandungan vitamin C dalam diet harian selama beberapa hari bisa membantu mengatasi sariawan. Anda juga bisa mengonsumsi tomat mentah saat sahur dan setelah berbuka puasa.

4. Manfaatkan lidah buaya

Oleskan jel dari tanaman lidah buaya pada luka sariawan yang sakit selama beberapa hari hingga anda merasakan perubahannya.

5. Madu

Madu sangat aman dan efektif mengobati sariawan, karena dapat berperan sebagai kortikosteroid topikal. Hal ini karena madu memiliki manfaat anti inflamasi dan analgesik. Cara mengobati sariawan dengan madu yaitu pertama bersihkan luka sariawan dengan kapas, lalu olesi madu.

Itulah beberapa cara menyembuhkan sariawan saat sedang puasa yang dapat dicoba untuk diterapkan di rumah. Namun bila anda sudah mencoba beberapa cara menyembuhkan sariawan diatas selama beberapa dan sudah lebih dari 10 hari tapi belum sembuh juga, ada baiknya bila anda pergi ke dokter untuk pengobatan.

loading...
Loading...
Cara Mengobati Sariawan Saat Sedang Puasa | akbar | 4.5