Cara Mengobati Sakit Telinga dengan Ramuan Alami

Sebagai salah satu dari panca indra manusia, telinga memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai indra pendengar. Namun meskipun fungsi telinga begitu penting, ternyata masih ada banyak orang yang mengabaikan akan kesehatan telinga.

Salah satu cara menjaga kesehatan telinga adalah dengan cara membersihkan kotoran telinga secara teratur. Namun demikian, membersihkan telinga tidak boleh sembarangan. Tidak boleh terlalu sering dilakukan juga. Selain itu, alat untuk membersihkan telinga juga perlu diperhatikan.

Buruknya kebersihan telinga bisa menimbulkan berbagai masalah, misalnya radang, gatal dan luka pada telinga. Saat terjadi masalah atau gangguan kesehatan pada telinga, maka kita tidak boleh sembarangan dalam mengobatinya. Karena bisa jadi bukannya sembuh, justru akan semakin parah.

Ramuan Alami untuk Mengobati Sakit Telinga

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, ada beberapa ramuan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi sakit telinga. Diantaranya:

1. Bawang putih

Adanya kandungan antioksidan yang tinggi serta sifat anti-bakteri yang dimiliki menjadikan bawang putih bisa digunakan untuk membantu mengobati sakit telinga. Adapun cara mengobati sakit telinga dengan bawang putih yaitu, rebus 3 atau 4 siung bawang putih dalam air dan tambahkan sedikit garam. Kemudian, bungkus dalam kain wol dan letakkan di telinga yang sakit.

2. Minyak mustard

Sifat anti-bakteri yang dimiliki oleh minyak mustard bisa membantu mengurangi keparahan sakit telinga. Caranya adalah dengan mememberikan sekira 2-3 tetes minyak mustard hangat ke telinga yang terinfeksi.

3. Ekstrak jus bawang

Untuk mengurangi peradangan, anda bisa mencelupkan bola kapas dalam ekstrak jus bawang dan tempatkan ke telinga yang sakit. Cara ini juga bisa membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan rasa sakit, kemerahan dan gatal-gatal pada telinga.

4. Minyak mineral

Teteskan minyak mineral untuk mencegah telinga yang memerah. Bahkan cara ini juga bisa berguna untuk membantu mengurangi rasa sakit pada telinga karena adanya bakteri.

Itulah beberapa contoh ramuan alami untuk mengobati sakit telinga yang bisa dicoba. Namun bila setelah pemakaian ramuan tersebut sakit telinga yang dirasakan tidak juga kunjung sembuh, maka ada baiknya bila anda segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penangan yang lebih optimal mengenai sakit telinga yang anda alami.

loading...
Loading...
liht obat telinga

Cara Mengobati Sakit Telinga dengan Ramuan Alami | akbar | 4.5