Cara Mengobati Sakit Perut Sesuai Jenisnya

Sakit perut bisa dikatakan hampir pernah dialami oleh semua orang. Sakit perut membuat rasa tidak nyaman. Karena itu sakit perut harus segera diobat.

Sebelum mencari tahu bagaimana cara mengobati sakit perut, pastikan dulu anda mengetahui jenis sakit perut yang sedang diderita. Karena setiap jenis sakit perut beda pula cara mengobati. Jadi dengan mengetahui jenis sakit perut maka akan membuat penanganan dan proses penyembuhan sakit perut lebih cepat.

Jenis-jenis Sakit Perut dan Cara Mengobati Sakit Perut

Berikut ini adalah jenis sakit perut dan bagaimana cara mengobatinya:

1. Sakit Perut Karena Perut Kembung

Perut kembung, artinya perut terisi penuh dengan udara. Untuk mengurangi masalah tersebut, jangan hanya diam. Anda harus berjalan-jalan untuk mengurangi nyeri akibat kembung. Sementara itu untuk cara mencegah perut kembung adalah dengan makan dan mengunyah pelan-pelan.

2. Sakit Perut Karena Nyeri Haid

Bagi para wanita, beberapa di antara mereka merasa nyeri di bagian perut ketika sedang haid. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengompres perut dengan air hangat, memperbanyak konsumsi susu, dan makanan yang mengandung magnesium serta zat besi untuk mengganti nutrisi yang hilang dari darah.

3. Sakit Perut Karena Diare

Diare adalah kondisi sakit perut yang cukup mengkhawatirkan. Pasalnya tubuh bisa dehidrasi akibat bolak-balik pergi ke kamar mandi. Untuk cara mengobati sakit perut karena diare bisa diatasi dengan obat diare. Karena kebanyakan diare disebabkan oleh kuman, jadi jangan malas menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan.

4. Sakit Perut Karena Heartburn

Heartburn terjadi ketika bagian perut (dan biasanya sampai dada) terasa seperti terbakar. Hal ini terjadi karena asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Segera atasi dengan obat heartburn agar kondisi tidak bertambah parah. Selain itu, jangan langsung berbaring setelah makan, tunggu setidaknya tiga jam setelah makanan masuk ke usus.

5. Sakit Perut Karena Sembelit

Susah buang air besar memang menyakitkan. Ketika sembelit menyerang, Anda bisa mengonsumsi obat perangsang agar bisa segera buang air besar. Penyebab masalah ini adalah kurang serat dan kurang minum. Jadi untuk mencegahnya, jangan malas makan serat dan memperbanyak minum air.

6. Sering kentut

Salah satu kenapa perut terasa sakit dan sering kentut adalah akibat intoleransi laktosa atau alergi produk susu. Cara mengatasinya adalah dengan minum kopi. Jika sudah tahu memiliki alergi terhadap susu, sebaiknya Anda membatasi konsumsi minuman tersebut.

Itulah beberapa jenis sakit perut dan bagaimana cara mengobati sakit perut sesuai jenisnya. Ketika sakit perut yang anda rasakan teru berlanjut, maka segeralah untuk pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih tepat mengenai penyebab dan cara mengobati sakit perut.

loading...
Loading...
cara menghilangkan dugal, menghilangkan lemak pada perut lovebird, bahaya kerokan di perut, dp bbm sakit perut datang bulan, dp bbm nyeri haid, gambar cewek sakit perut, dp bbm sakit menstruasi, cara bikin orang sakit perut, penyakit gembung love bird, bahaya kerokan di perut pria, jus alvokat untuk perut mulas, tangan nyeri saat pakai semen

Cara Mengobati Sakit Perut Sesuai Jenisnya | akbar | 4.5