Cara Mengobati Sakit Demam Berdarah Menggunakan Daun Ubi Jalar

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit berbahaya dan yang paling ditakuti. Karena bila terlambat dalam penanganan penyakit ini bisa menyebabkan penderita meninggal dunia.

Penyebab penyakit demam berdarah adalah virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Karena itu, menjaga lingkungan tetap bersih dengan meminimalisr tempat perkembang biakan nyamuk akan sangat berguna untuk mencegah serangan nyamuk penyebab demam berdarah ini.

Penyakit demam berdarah tidak boleh diremehkan karena resikonya bisa sangat fatal, yaitu bisa menyebabkan kematian pada penderitanya bila tidak segera ditangani dengan benar.

Bila seseorang sudah terkena demam berdarah, maka salah satu cara penanganannya adalah dengan memberikan banyak cairan kepada penderita, salah satunya adalah dengan memberikan jus jambu biji. Selain itu, pemberian obat tradisional untuk mengobati demam berdarah juga menjadi penting.

Obat tradisional untuk mengobati sakit demam berdarah salah satunya yang bisa dicoba adalah dari daun ubi jalar. Penggunaan daun ubi jalar sebagai obat tradisional untuk penyakit DBD saat ini sedang populer di masyarakat.

Untuk cara mengobati demam berdarah sangatlah mudah. Rebus pucuk daun ubi jalar sebanyak sekira porsi ikatan sayuran dalam satu liter air selama lebih dari lima menit. Daun ubi jalar juga bisa digodok selama satu jam. Setelah air rebusan menjadi dingin, maka air rebusan daun ubi jalar tersebut bisa dimnum sebagai pengganti air minum. Untuk jumlah konsumsinya bisa sekitar satu liter sehari.

Kemampuan daun ubi jalar sebagai obat demam berdarah yaitu dengan meningkatkan trombosit memang masih perlu penelitian lebih lanjut sebagaimana juga manfaat daun jambu biji untuk obat demam berdarah. Namun demikian, di dalam daun ubi jalar memang terkandung senyawa bioaktif yang termasuk komponen fenol, tanin juga vitamin C yang mungkin berpengaruh terhadap peningkatan imunitas tubuh bahkan peningkatan trombosit.

Menurut Prof Dr Ahmad Sulaeman, pakar gizi dari IPB, sebagaimana yang dikutip dari laman DetikHealth, bahwa air rebusan daun ubi jalar juga bisa digunakan untuk mengobati diabetes melitus, menurunkan kolesterol dan memperbanyak ASI.

Kandungan alkoloid dan karotenoid di dalamnya diyakini memiliki efek yang baik bagi tubuh. Selain digunakan untuk obat, daun ubi jalar juga bisa disajikan sebagai makanan dengan kandungan nilai gizi yang tinggi.

loading...
Loading...
khasiat daun ubi jalar untuk demam berdarah, cara memasak daun ketela rambat sebagai obat dbd, rebusan daun ubi jalar, tangan berdarah perban

Cara Mengobati Sakit Demam Berdarah Menggunakan Daun Ubi Jalar | akbar | 4.5