Cara Mengobati Perut Terasa Begah

Perut begah merupakan masalah kesehatan yang umum dialami banyak orang, dan ini sangat menyebalkan. Karena rasa tidak nyaman di perut membuat susah dan malas untuk melakukan aktivitas. Namun sebenarnya ada obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan perut begah ini.

Penyebab Perut Terasa Begah

Perut begah atau terasa penuh terjadi akibat dari adanya gas yang berlebihan pada saluran cerna, baik itu usus maupun di lambung. Penyebabnya bisa dari dalam ataupun luar tubuh. Gas atau udara bisa masuk ke dalam saluran cerna bersamaan saat proses menelan, mengunyah pemen karet atau merokok. Berkendara pada udara yang dingin juga dapat menyebabkan udara tertelan secara tidak sengaja. Sementara itu gas yang menyebabkan perut begah juga bisa diakibatkan dari adanya pemecahan senyawa kompleks dari makanan menjadi senyawa yang lebih sederhana.

Akibat dari adanya kelebihan gas di lambung akan menyebabkan perut terasa kembung dan begah. Sementara itu bila di usus, menyebabkan frekuensi buang angin meningkat. Namun kelebihan gas di usus ini juga dapat menyebabkan perut melilit, kram dan diare tanpa pola yang jelas.

Ada beberapa jenis makanan yang pada proses pencernaannya bisa menghasilkan gas, diantaranya:

  • Laktosa. Zat ini terkandung dalam berbagai makanan dari susu dan produk olahannya.
  • Sorbitol yang terdapat pada buah-buahan. Selain itu sorbitol juga digunakan sebagai pemanis buatan.
  • Buncis dan sayuran dari kacang-kacangan.
  • Brokoli, kobis, kol, lobak, kacang merah, taoge dan paprika hijau.
  • Buah-buahan sperti apel ,pisang, melon dan pir.
  • Gorengan dan makanan berlemak.
  • Minuman bersoda.

Cara Mengatasi Perut Begah

Selain dengan menghindari makanan penyebab perut terasa begah, untuk mengatasinya juga bisa dilakukan dengan pengobatan. Cara mengobati perut begah sendiri bisa dilakukan menggunakan obat luar atau dengan minum obat.

Untuk pengobatan luar bisa dilakukan dengan cara mengoleskan obat atau minyak yang dapat memberikan efek hangat pada bagian perut atau lambung seperti minyak kayu putih, bisa juga minyak tawon, balsem dan sejenisnya.

Rajin olahraga dan bergerak setelah makan juga bisa membantu seseorang untuk terhindar dari masalah perut terasa begah. Sementara itu sebagaimana yang dikutip dari blog cara-obat.com, ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengatasi perut terasa begah dan kembung, diantaranya:

1. Enzim pencernaan
Ada beberapa enzim yang dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung dan begah akibat kekenyangan atau mungkin karena salah makan. Enzim tersebut diantaranya adalah pankreatin, bromelain, dan mungkin juga empedu sapi (dalam kemasan, kadang ditulis ox bile). Enzim tersebut tersedia dengan merek Pankreoflat, Enzyplex, Tripanzym, Benozym, Vitazym, Xepazym).

2. Penyerap gas/anti flatulen
Obat penyerap gas bisa diberikan untuk membuat gas dalam perut tidak menyebabkan perut kembung dan begah. Obat yang dapat digunakan adalah simetikon atau dimetilpolisiloksan (Dysflatil). Simetikonn atau dimetilpolisiloksan juga sering dikombinasikan dengan obat maag.

3. Probiotik
Akibat dari makanan yang tidak tercerna dengan baik akan menyebabkan pertumbuhan bakteri jahat. Untuk menekan pertumbuhan bakteri jaha tersebut maka tubuh membutuhkan bakteri baik seperti Lactobacillus dan sejenisnya (Yakult, Rillus, Synbio).

loading...
Loading...
obat sapi masuk angin, tahu terasa pahit, Cara mengatasi sapi masuk angin, jamu herbal untuk sapi masuk angin, sapi masuk angin, obat untuk perut begah, penangan sapi masuk angina, penyebab sapi masuk angin, tips atasi perut terasa nek malas makan, tanda sapi masuk angin, tanda tanda sapi masuk angim, cara mengatasi perut begah, obat sapi ma, obat herbal untuk perut begah, cara menghilangkan perut terasa begah, Cri2 sapi masuk angin duduk, Dosis minum yakult untuk perut begah, Mengatas sapi masuk angin, mengobti perut yang enek, nasi Goreng masuk angin, obat alami menyembuhkan sapi masuk angin, obat begah di perut, vitazym utk perut kembung

Cara Mengobati Perut Terasa Begah | akbar | 4.5