Cara Mengobati Nyeri di Perut Saat Menstruasi Secara Alami

Menstruasi, siklus bulanan yang terjadi pada wanita ini seringkali terasa sangat menyakitkan. Nyeri yang dirasakan pada daerah perut saat menstruasi memang sungguh menyebalkan. Terlebih pada wanita karir, dengan aktivitas yang begitu padat tentunya nyeri di perut saat menstruasi bisa mengganggu aktivitas pekerjaan yang tengah dijalani. Karena itu, berbagai cara untuk mengobati nyeri saat menstruasi pun dicoba.

Sebenarnya ada banyak penyebab nyeri di perut yang muncul saat menstruasi. Penyebab nyeri saat menstruasi ini bisa dikarenakan oleh stres, tubuh yang sedang tidak fit, bisa juga karena tubuh yang terlalu gemuk atau mungkin juga kurus.

Sebenarnya saat ini sudah ada produk kesehatan yang bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit nyeri di perut saat menstruasi berupa obat penghilang rasa sakit ataupun jamu. Namun tidak ada salahnya bila dalam mengatasi nyeri perut saat menstruasi diatas dengan memakai bahan-bahan yang alami.

Bahan Alami untuk Meredakan Nyeri Perut Saat Menstruasi

Bila rasa sakit yang muncul di bagian perut saat menstruasi tersebut masih cukup ringan, seperti kram, kembung, sampai ketidakstabilan suasana hati, maka ada beberapa cara pengobatan alami untuk meredakan nyeri perut karena menstruasi. Berikut diantaranya:

1. Sayuran Hijau
Sayuran hijau biasanya memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang bisa membantu untuk mengendurkan otot-otot hingga mengurangi kram dan rasa kembung di perut. Anda bisa coba konsumsi sayuran hijau seperti sayur bayam dan kangkung.

2. Hindari Makanan Cepat Saji
Makanan yang terlalu asin atau mungkin terlalu manis bisa memperparah rasa nyeri di perut. Sementara itu gula dan juga lemak jenuh dalam makanan cepat saji akan meningkatkan kadar estrogen, yang memicu gejala PMS.

Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, maka pilihlah makanan yang kaya akan kandungan serat untuk meningkatkan pencernaan.

3. Pepaya
Kandungan dalam buah pepaya kaya akan karoten dan vitamin A, C, serta enzim papain yang membantu dalam melancarkan aliran darah selama menstruasi.

4. Kayu Manis
Sebagai sumber dari mangan, kayu manis atau cinnamon bisa membantu anda dalam mengurangi kram serta melancarkan pencernaan.

5. Air Putih
Air putih merupakan obat mujarab saat mengalami nyeri menstruasi yang paling mudah untuk didapatkan. Agar kram yang anda rasakan tidak semakin parah, maka hindari minum minuman beralkohol selama beberapa hari. Akan lebih baik bila anda meminum air putih yang hangat. Cara ini akan memberikan manfaat yaitu untuk meningkatkan aliran darah ke kulit serta membantu merileksasikan otot.

6. Sinar Matahari
Vvitamin D dari sinar matahari baik karena bisa membantu untuk mengurangi kram agar tidak semakin parah. Karena itu, luangkan sedikit waktu anda untuk berjemur di pagi hari, atau mungkin pilihan terakhir adalah dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D.

Penting untuk diperhatikan, saat anda merasakan nyeri di bagian perut dimana rasa sakitnya begitu menyakitkan dan dirasa terlalu berlebihan, maka hal itu bisa jadi karena memang ada masalah dalam tubuh anda yang harus segera diatasi, misalnya karena endometriosis atau infeksi rahim.

Untuk itu guna mencegah hal-hal yang berbahaya yang mungkin terjadi, saat menstruasi anda disertai dengan merasa sakit luar biasa bahkan sampai muntah, perdarahan yang berlebihan atau demam, maka ada baiknya untuk segera menemui dokter untuk melakukan konsultasikan dengan dokter mengenai masalah yang anda alami.

loading...
Loading...
sup pepaya muda, cara agar motor mber, meme siklus menstruasi, meme siklus mentruasi, minum obat pake air gula

Cara Mengobati Nyeri di Perut Saat Menstruasi Secara Alami | akbar | 4.5