Cara Mengobati dan Mencegah Rematik

Obat Rematik dan Cara Mencegah RematikRematik atau biasa dikenal juga dengan nama encok adalah gangguan kesehatan pada persendian dan jaringan lunak sekitar sendi seperti urat saraf, otot, dan tendon. Saat rematik kambuh, maka pada bagian sendi tertentu akan terasa nyeri. Dalam tingkat yang parah, dampak rematik bahkan bisa menyebabkan kecacatan sendi tetap, juga ketidakmampuan dan penurunan kualitas hidup.

Cara Mengobati Rematik

Beberapa tindakan bisa dilakukan untuk mengatasi dan mengurangi rematik kambuh. Beberapa cara pengobatan rematik yang bisa dilakukan misalnya:

1. Menggunakan kompres hangat

Gunakan handuk hangat basah untuk mengompres 10-15 menit sekurang-kurangnya dua kali sehari. Kehangatan bisa membantu meringankan rasa sakit dengan menolong mengendurkan otot-otot, jaringan-jaringan ikat, serta tendon yang mengelilingi sendi.

2. Tambahkan sedikit suhu dingin

Letakkan es di sebuah kantung plastik makanan atau kantung es yang biasa dijual di apotek. Jangan menggunakan es langsung ke kulit. Untuk penambahan manfaat, es bisa digunakan bersama-sama terapi panas. Lakukan 10-15 menit panas, disusul dengan 10-15 menit dingin. Hal ini dapat membantu untuk mengatasi nyeri yang sangat hebat.

3. Ramuan herbal dengan brotowali

Ramuan herbal bisa digunakan untuk mengatasi rematik. Salah satunya adalah dengan menggunakan brotowali.

Untuk cara membuat obat rematik dengan brotowali, yaitu rebus 15-20 batang brotowali kering atau 20-25 cm irisan batang brotowali dengan 3 gelas air dalam kuali tanah hingga mendidih. Biarkan hingga airnya tinggal separuh bagian. Setelah dingin lalu disaring.

Ramuan brotowali tersebut bisa diminum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. Diminum 1 jam sebelum makan. Konsumsi ramuan ini secara teratur hingga berangsur-angsur sembuh.

Cara Mencegah Rematik Agar Tidak Kambuh

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah kambuhnya penyakit rematik atau encok. Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah rematik misalnya dengan menjalani pola hidup sehat, tidak makan makanan yang mengandung kalori secara berlebihan dan tentu saja adalah rajin olahraga dan istirahat yang cukup.

loading...
About these ads

Loading...
Cara Mengobati dan Mencegah Rematik | chsa | 4.5
menghilangkan encok yang kambuh