Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Chikungunya

Keberadaan nyamuk di sekitar kita harus diwaspadai. Selain bisa menyebabkan penyakit demam berdarah, nyamuk juga bisa menjadi biangkeladi penyebab chikungunya.

Sebagai penyakit tropis, chikungunya bersifat endemis, bisa terjadi di mana saja tergantung musim. Biasanya banyak terjadi pada musim hujan atau masa pancaroba. Meski begitu, seperti halnya demam berdarah, kini chikungunya bisa menimpa seseorang kapan saja.

Chikungunya merupakan penyakit sejenis demam yang disebabkan oleh sejenis virus chikungunya yang masuk keluarga Togaviridae, genus alphavirus. Bila terserang chikungunya maka penderita akan merasakan demam dan pada tahap parah bisa menyebabkan seluruh sendiri terasa nyeri hingga menyebabkan kelumpuhan sementara.

Cara penyebaran chikungunya adalah melalui gigitan nyamuk dari spesies aedes aegypti, yang juga menjadi media utama penularan penyakit demam berdarah. Namun walaupun nyamuk yang menularkannya sama, penyakit chikungunya ini tidak semematikan demam berdarah.

Cara Mengobati Penyakit Chikungunya

Saat ini masih belum ada vaksin maupun obat khusus untuk chikungunya. Penderita biasanya hanya diberikan obat simptomatik (pereda gejala) seperti obat penurun panas atau penghilang rasa sakit. Yang penting penderita cukup istirahat, minum, dan makanan bergizi. Virus chikungunya ini termasuk self limiting disease alias akan hilang dengan sendirinya. Namun, rasa nyeri akan tetap ada dalam hitungan minggu.

Bagi penderita chikungunya, maka sangat dianjurkan untuk makan makanan yang bergizi, cukup karbohidrat dan terutama protein serta minum sebanyak mungkin. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan segar. Sebaiknya minum jus buah segar.

Setelah lewat lima hari, demam akan berangsur-angsur reda, rasa ngilu maupun nyeri pada persendian dan otot berkurang, dan penderitanya akan sembuh seperti semula. Vitamin peningkat daya tahan tubuh juga bermanfaat untuk menghadapi penyakit ini. Daya tahan tubuh yang bagus dan istirahat yang cukup bisa membuat rasa ngilu pada persendian cepat hilang. Minum banyak air putih juga disarankan untuk menghilangkan gejala demam.

Cara Mencegah Serangan Penyakit Chikungunya

Satu-satunya cara menghindari penyakit chikungunya adalah dengan menghindari atau membasmi nyamuk pembawa virusnya. Nyamuk ini senang hidup dan berkembang biak di genangan air bersih seperti bak mandi, vas bunga, dan juga kaleng atau botol bekas yang menampung air bersih. Serangga yang bercorak hitam putih ini juga senang hidup di benda-benda yang menggantung seperti baju-baju yang ada di belakang pintu kamar. Selain itu, nyamuk ini juga menyenangi tempat yang gelap dan pengap.

Karena itu cara terbaik untuk mencegah penyakit chikungunya adalah dengan menguras bak mandi, menutup benda-benda yang bisa menampung air, dan menimbun barang-barang yang sudah tidak terpakai. Jadi cara mencegah chikungunya sebenarnya sama pada seperti cara mencegah demam berdarah, yaitu bagaimana caranya menghindarkan diri dari gigitan nyamuk aedes aegypti.

loading...
Loading...
Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Chikungunya | akbar | 4.5