Cara Mengobati Bisul dengan Bahan yang Alami

Bisul adalah sekumpulan nanah (neutrofil mati) yang telah terakumulasi di rongga di jaringan setelah terinfeksi sesuatu. Munculnya bisul di kulit sendiri sebenarnya adalah sebagai akibat dari reaksi ketahanan dari jaringan untuk menghindari menyebarnya barang asing di tubuh.

Selain menyakitkan, bisul juga bisa mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Banyak orang menyarankan agar jangan memencet bisul atau istilahnya biarkan sampai “matang” dulu. Padahal, bisul sebisa mungkin jangan sampai bernanah, karena itu justru bisa menyebabkan kerusakan jaringan yang lebih parah dan banyak lagi.

Cara Mengobati Bisul dengan Bahan yang Alami

Biasanya selain dengan menggunakan obat salep antibiotik, untuk cara mengobati bisul yang sudah parah dan jumlahnya banyak juga perlu minum obat antibiotik. Penggunaan salep untuk mengobati bisul sangat dianjurkan karena obat ini dibuat dengan daya serap yang cukup efektif terhadap kulit. Bagaimana tidak ada obat salep untuk bisul?

Cara mengobati bisul tidak selalu harus menggunakan obat modern yang dikemas oleh pabrik, karena kita bisa membuat sendiri obat bisul dari bahan-bahan herbal yang ada di sekitar. Berikut ini adalah contoh dari beberapa obat alami yang bisa mengobati bisul yang mungkin bisa anda coba:

1. Jahe dan kunyit

Jahe dan kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang dipercaya mampu membersihkan darah kotor. Untuk itu anda bisa menggunakan kedua bahan ini untuk mengobati bisul.

Caranya adalah dengan membuat pasta dari rempah jahe dan kunyit yang masih segar. Selanjutnya, oleskan pada kulit yang mengalami bisul dan diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan pengobatan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Minyak daun teh

Kandungan antibakteri dan antiseptik di dalam minyak daun teh mampu menyembuhkan bisul dan meredakan kemerahan pada kulit. Untuk itu anda bisa mencoba mengolesi bisul dengan minyak daun teh secara rutin.

3. Bawang putih

Dengan adanya sifat antibakteri, antimikroba dan anti inflamasi yang terkandung dalam bawang putih dipercaya bisa menyembuhkan bisul. Untuk itu anda bisa mengobati bisul dengn cara mengoleskan pasta bawang putih pada bisul. Pastikan mengoleskannya secara merata dan diamkan selama 15 menit baru kemudian bisa anda bilas dengan air hangat hingga bersih.

Itulah keempat bahan alami yang bisa untuk mengobati bisul yang bisa anda coba sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
cara membuat pasta jahe, obat bisul dari bahan rempaj

Cara Mengobati Bisul dengan Bahan yang Alami | akbar | 4.5