Cara Mengobati Batuk dan Pilek

Hampir setiap orang pernah mengalami batuk dan pilek. Karena itu banyak orang yang menyepelekan batuk dan pilek. Namun tidak semua orang memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga mampu menahan rasa sakit karena batuk dan pilek. Saat daya tahan tubuh tidak kuat maka batuk dan pilek akan mengacaukan kegiatan dan aktivitas anda.

Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengobati batuk dan pilek yang bisa dilakukan. Beberapa dantaranya adalah sebagaimana yang dikutip dari laman Timesofindia berikut ini:

Pilih obat ‘suppressan’ atau ‘ekspektoran’

Langkah pertama dan terpenting untuk pengobatan batuk dan flu adalah mengidentifikasi jenis batuk yang anda alami serta memperlakukannya dengan tepat. Saat anda menderita batuk kering, maka anda membutuhkan obat suppressan atau penekan batuk. Sementara itu ekspektoran digunakan untuk membantu dalam melonggarkan dan mengusir lendir yang terakumulasi di paru-paru dan saluran pernapasan atas.

Makan makanan pedas

Makanan seperti cabai, jahe, jalapeno, bawang putih dan lada hitam yang pedas dapat membantu jika anda mengeluhkan sesak di dada. Makanan ini membantu menipiskan lendir dan membuatnya lebih mudah untuk bernapas. Tapi hindari makanan berminyak.

Susu dan kunyit

Sementara kunyit dapat berfungsi sebagai obat, susu setara dengan makanan lengkap karena nutrisi tinggi yang dikandungnya. Minum segelas susu hangat dengan sesendok penuh bubuk kunyit dua sampai tiga kali sehari membantu tubuh memerangi pertumbuhan bakteri yang disebabkan oleh batuk dan sesak dada dengan melonggarkan dahak.

Menghirup uap panas

Menghirup uap panas adalah salah satu yang paling mudah dan terbaik untuk mengatasi sakit batuk dan pilek di rumah. Memanaskan air dalam mangkuk dan tambahkan vaporizer atau minyak kayu putih. Menghirup uap juga membantu melonggarkan lendir dan membuat kita lebih mudah untuk bernapas.

Mengkonsumsi makanan panas juga membantu meredakan batuk dan pilek karena panas membunuh bakteri berbahaya yang dapat memperburuk kondisi.

loading...
Loading...
Cara Mengobati Batuk dan Pilek | akbar | 4.5