Cara Mengobati Batu Ginjal Menggunakan Bahan Alami

Batu ginjal adalah suatu kondisi terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Terbentuknya material di dalam ginjal disebabkan oleh sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal. Zat sisa yang tersaring tersebut kemudian mengendap dan lama kelamaan membentuk seperti kristal.

Diketahui ada empat jenis batu ginjal berdasarkan bentuknya, yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin.

Gejala yang Muncul dan Dirasakan Oleh Penderita Batu Ginjal

Seseorang dengan kondisi batu ginjal yang masih sangat kecil mungkin tidak akan merasakan gejala, namun dengan semakin besarnya batu ginjal yang terbantuk, maka bisa jadi akan muncul gejala yang dirasakan. Gejala muncul sebagai akibat dari adanya gesekan dengan saluran ureter (yaitu saluran penghubung ginjal dengan kandung kemih).

Adapun gejala yang muncul dan dirasakan oleh penderita batu ginjal misalnya adalah nyeri pada pinggang, perut bagian bawah atau samping, dan selangkangan yang dapat disertai mual.

Cara Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal bisa dengan cepat terbentuk ketika seseorang kurang mengonsumsi air putih. Apalagi bila hal itu juga didukung dengan banyaknya konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan kalsium.

Cara mengobati batu ginjal biasanya dilakukan berdasarkan ukuran dari batu ginjal yang muncul. Seseorang yang dengan kondisi batu ginjalnya belum terlalu besar, maka bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi air putih. Sementara bila sudah cukup besar, maka biasanya dokter akan melakukan penanganan untuk menghancurkan batu ginjal dengan prosedur khusus semisal dengan energi laser atau ultrasound. Bisa juga dilakukan penanganan batu ginjal dengan operasi pengangkatan batu ginjal.

Sementara untuk cara mengobati batu ginjal secara herbal atau alami, bisa dilakukan dengan menggabungkan minyak zaitun (olive oil) dengan jus lemon. Metode ini merupakan salah satu cara pengobatan alternatif untuk penderita batu ginjal yang cukup popular.

Meski belum ada penelitian yang mendukung tentang manfaat jus lemon dan minyak zaitun untuk menghilangkan batu ginjal hingga saat ini, akan tetapi beberapa bukti telah menunjukkan bahwa asam yang ada di dalam jus lemon dapat membantu memecah batu ginjal. Sementara itu, penggunaan minyak zaitu berfungsi sebagai pelumas agar batu lebih mudah melewati saluran kemih.

Untuk cara mengobati batu ginjal dengan jus lemon dan minyak zaitun pun sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu meminum dengan segera campur dari 60 ml ekstra virgin olive oil dengan 60 ml air perasan lemon segar.

Karena mungkin ramuan dari minyak zaitun dan lemon kurang enak rasanya, maka anda bisa minum air putih setelah minum ramuan tersebut. Sementara itu bila anda tidak bisa meminum sekaligus ramuan tersebut, maka anda bisa mensiasatinya dengan cara meminumnya sedikit demi sedikit namun sering.

Metode pengobatan batu ginjal dengan ramuan lemon dan minyak zaitun tersebut juga perlu dilakukan dengan memperbanyak minum air putih yang telah disaring (filtered water), sebanyak 12 gelas penuh.

Pengobatan ini harus diulangi setiap 3-4 jam sekali sampai batu ginjal keluar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka sekitar 500 ml campuran minyak zaitun dan jus lemon harus diminum dalam sehari.

Cara Mencegah Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal sendiri sebenarnya bisa dicegah dengan mudah. Yang perlu dilakukan untuk mencegah batu ginjal adalah dengan minum air putih yang cukup setiap hari. Selain itu, penting juga untuk membatasi konsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang mengandung zat-zat yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal, seperti zat oksalat, suplemen kalsium, dan juga protein hewani.

Mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter juga bias dilakukan untuk mencegah terbentuknya batu ginjal. Resep obat untuk mencegah batu ginjal ini biasanya diberikan oleh dokter kepada mereka yang sudah pernah menderita batu ginjal sebelumnya.

loading...
Loading...
obat mensi, cara menghancurkan semen, cara menghancurkan semen keras, herbal mensi, kandungan dan manfaat bahan hewani, cara menghancurkan simen, cara menghancurkan semen yg keras, herbal mensie, cara melapuhkan semen yg keras, mensi herbal, cara cepat menghancurkan semen

Cara Mengobati Batu Ginjal Menggunakan Bahan Alami | akbar | 4.5