Loading...

Cara Mengobati Amandel untuk Anak Menggunakan Bahan Alami

Amandel adalah penyakit terkait tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit pada saat menelan makanan atau minuman. Dengan sistem kekebalan tubuh yang masih lemah, hal itu membuat anak-anak lebih rentang terkena penyakit amandel. Adapun penyebab amandel adalah karena bakteri atau virus yang masuk ke mulut.

Saat sakit amandel dirasa sudah cukup parah yang mengakibatkan rasa sakit luar biasa, maka cara terbaik untuk mengobati penyakit amandel adalah dengan operasi. Operasi penyakit amandel sebenarnya sangat sederhana karena operasi ini tidak sampai melakukan pengangkatan seutuhnya namun prinsipnya adalah untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada amandel. Meski demikian, sebagai orang tua pastinya tidak akan tega bila sampai anaknya harus dioperasi karena penyakit amandel yang dideritanya.

Anak yang terkena penyakt amandel sebaiknya diajarkan untuk tidak mengonsumsi es atau minuman yang terlalu dingin. Karena hal itu bisa memicu radang amandel yang dimilikinya bertambah parah.

Orang tua juga bisa memberikan ramuan herbal untuk mengobati penyakt amandel pada anak. Ada beberapa ramuan obat herbal untuk mengobati amandel anak yang bisa coba diberikan. Berikut diantaranya:

loading...

Jeruk nipis

Jeruk nipis diperas kemudian ambil airnya dan beri sedikit kapur sirih dan aduk rata. Minum ramuan perasan air jeruk dan campuran kapur sirih sebelum tidur malam hari, minum selama 3 hari berturut-turut.

Sambiloto dan madu

Bubuk sambiloto sebanyak 3 – 4,5 gram diseduh dengan 200 cc air panas, tambahkan 1 sendok makan madu, diaduk, lalu diminum hangat-hangat. Atau 30 gram sambiloto segar/15 gram yang kering, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya ditambahkan 200 cc jus buah nanas, diaduk, lalu diminum untuk 3 kali sehari, setiap kali minum 200 cc.

Buah mengkudu

Siapkan dua buah mengkudu/pace dan madu secukupnya. Dicuci dan dihaluskan, disaring dan diambil airnya, campurkan dengan 1 buah jeruk nipis dan 1 sendok madu, kemudian aduklah hingga rata. Pakai sebagai obat alami amandel 2- 3 kali sehari, gunakan untuk berkumur dulu selama beberapa menit kemudian baru di minum.

Garam dan air

Garam dan air merupakan obat tradisional rumahan yang paling umum dipergunakan untuk mengatasi infeksi amandel. Adapun cara penggunaan garam dapat dicampurkan dengan air hangat dan kemudian dipergunakan untuk berkumur.

Lemon dan madu

Campuran air lemon dengan madu ditambahkan air panas dan sedikit garam merupakan obat tradisonal untuk menghilangkan rasa sakit di tenggorokan akibat infeksi yang terjadi pada amandel.

Kulit manggis

15 gram kulit manggis yang sudah kering dan 2 sendok teh minyak permen. Kulit manggis tersebut direbus dengan 2 botol air sampai mendidih sehingga menjadi 1 botol. Setelah itu teteskan minyak permen dan aduk hingga rata. Minum Sebelum tidur malam hari selama 3 hari berturut-turut.

Jus sayuran

Jus sayuran seperti wortel, mentimun, dan bit merupakan beberapa obat tradisional radang amandel yang juga cukup efektif. Anda dapat mengkonsumsi jus secara terpisah maupun dengan cara dicampur antara satu sayuran dengan yang lainnya.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang dikenal memiliki fungsi sebagai anti bakteri dan virus. Sebagai obat untuk mengatasi amandel, maka terlebih dahulu Anda dapat menjadikan kunyit menjadi pasta dan mencampur dengan air panas, dan kemudian mengoleskannya di bagian luar tenggorokan yang terasa sakit.

Bawang dan jahe

Untuk pengobatan amandel, bawang dan jahe diblender terlebih dahulu hingga berbentuk seperti jus. Setelah itu baru bisa dijadikan sebagai obat tradisional amandel dengan cara berkumur untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan.

Demikian beberapa ramuan herbal untuk mengobati penyakit amandel pada anak yang bisa dicoba yang kami kutip dari laman PondokIbu. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
loading...
manfaat jahe dan jeruk nipis dicampur dengan air hangat, khasiat jahe di campur jeruk nipis, kasiat campuran air jahe dan jeruk nipis, manfaat minuman air jeruk dan jahe, bqgaimana cara menghilangkan orok, manfaat Jake Dan jeruk nipis, manfaat air jeruk nipis campur jahe, apakah cocok air jeruk kunci ditambah jahe, jahe merah campur jeruk nipis, jeruk campur jahe, jeruk nipis campur jahe, jeruk nipis dan air jahe, jeruk nipis dan jah, jeruk nipis dan jahre di campur, jeruk nipis dicampur jahe, jeruk nipis sama jahe, kasiat jahe dan jeru, jahe dengan jeruk nipis, jahe dan, jahe campur nipis, apa manfaat madu di campur jahe lalu jeruk nipis, apa manfaat campuran jeruk nipis dan jahe, campuran jeruk nipis jahe, cara bikin minuman jahe dan jeruk nipis, cara buat air jahe dan jeruk nipis, cara membuat minuman jahe dengan jeruk nipis, fungsi air jahe campur jeruk nipis, fungsi minuman jeruk nipis dan jahe, apa manfaat air jahe jeruk nipis, tips menghilangkan uci uci dengan kapur sirih dan jeruk nipis

Cara Mengobati Amandel untuk Anak Menggunakan Bahan Alami | akbar | 4.5