Cara Menghilangkan Sisa Pestisida yang Ada di Buah dan Sayur

Makan buah dan sayur sangat dianjurkan karena kandungan yang ada di dalamnya sangat baik dalam memberikan nutrisi bagi tubuh. Namun dengan masih adanya sisa pestisida yang ada pada bagia kulit luar buah dan sayur tentunya hal ini justru akan menjadi bahaya bagi kesehatan tubuh.

Pestisida adalah bahan racun yang digunakan dengan tujuan untuk melindungi tanaman buah dan sayur dari hama, baik yang berupa tumbuhan, serangga, maupun hewan lain. Jenis pestisida dapat dibedakan berdasarkan jenis hama yang diberantas, yaitu insektisida, herbisida, nematisida, fungisida, dan rodentisida. Kesemuanya itu bila masuk ke dalam sistem pencernaan manusia dapat menyebabkan keracunan hingga kematian. Karena itu, sebelum mengonsumsi buah dan sayur harus dipastikan bahwa sisa-sisa pestisida sudah benar-benar tidak ada.

Cara Membersihkan Sisa Pestisida yang Ada di Buah dan Sayur

Cara membersihkan sisa pestisida pada buah dan sayur yang paling mudah adalah dengan mencucinya di air yang mengalir. Walau cara ini belumlah dapat secara maksimal membersihkan sisa pestisida secara keseluruhan, namun setidaknya dengan cara ini akan dapat meminimalisir keberadaan bakteri dan pestisida yang ada pada sayur dan buah yang akan dikonsumsi.

Sebagamana yang dikutip dari laman Boldsky, untuk membersihkan sisa pestisida dan zat berbahaya lainnya, kita bisa membuat larutan untuk mencuci buah dan sayur dari bahan lemon. Kemampuan lemon dalam membersihkan kotoran sudah tidak dapat diragukan lagi, dimana bahan ini sudah biasa digunakan sejak dulu untuk menghilangkan sisa minyak maupun kotoran lainnya pada alat masak maupun wadah makanan.

loading...

Sebenarnya saat ini sudah ada juga sabun yang bisa digunakan untuk membersihkan sisa pestisida maupun zat berbahaya yang ada pada buah dan sayur. Namun, tentunya dengan menggunakan bahan-bahan yang alami akan jauh lebih aman. Selain itu, bahan pembersih buatan sendiri ini juga tidak kalah dalam hal kemampuannya untuk membersihkan buah dan sayur.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan sisa pestisida pada buah dan sayuran.

Untuk membersihkan buah dan sayur, siapkan bahan-bahan utamanya berupa air, jus lemon dan juga cuka apel.

Untuk cara mencuci buah dan sayur agar bersih dari pestisida, maka campurkan semua bahan menjadi satu. Kemudian sayuran dan buah dicuci dengan larutan ini dengan lembut. Rendam selama sekitar 5-7 menit dan bilas dalam air mengalir sampai bersih dan tidak licin. Sayur dan buah pun siap untuk diolah atau dikonsumsi secara langsung tanpa lagi anda perlu merasa khawatir akan adanya sisa pestisida atau bakteri dan zat berbahay lainnya.

loading...
Loading...
membuat hewan dari sayur sayuran

Cara Menghilangkan Sisa Pestisida yang Ada di Buah dan Sayur | akbar | 4.5