Cara Menghilangkan Komedo yang Mudah dan Alami

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang cukup menjengkelkan. Komedo biasanya muncul di bagian sekitar hidung. Bentuknya yang kecil-kecil dan hitam ini seringkali membuat seseorang merasa sangat terganggu dengan keberdaannya.

Penyebab komedo adalah tersumbatnya pori-pori sebagai akibat dari akumulasi sebum dan kotoran. Pada umumnya komedo mudah dialami oleh mereka yang memiliki jenis wajah berminyak.

Jenis-jenis KOmedo

Komedo sendiri ada dua jenis, yaitu Blackhead dan Whitehead. Komedo jenis adalah Blackhead adalah jenis komedo yang tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Terjadi ketika pori-pori membesar dan terbuka ke permukaan kulit dan ke kelenjar minyak, lalu teroksidasi oleh udara dan berubah menjadi warna hitam/coklat. Komedo jenis ini adalah komedo yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang.

Sementara itu, komedo jenis Whitehead jenis komedo yang tampak seperti bintik-bintik kecil yang berwarna putih atau kuning. Komedo jenis ini terjadi ketika minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras.

Cara Menghilangkan Bintik Hitam Komedo

Komedo menjadi salah satu masalah wajah yang paling mengganggu karena dapat membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Dengan adanya komedo di wajah juga akan memberikan kesan baha ia kurang dalam menjaga dan merawat wajahnya.

Tapi jangan khawtair, bagi anda yang memiliki jenis wajah berminyak dan sering bermasalah dengan komedo, ada beberapa cara menghilangkan bintik hitam karena komedo ini dengan menggunakan bahan alami yang mudah dibuat di rumah. Berikut adalah tips bagaimana cara menghilangkan komedo sebagai mana dikutip dari laman Timesofindia:

1. Baking Soda dan Air
Anda bisa mencampurkan dua sendok teh baking soda dengan air. Setelah diaduk hingga menjadi bentuk seperti pasta, maka selanjutnya anda bisa oleskan ke area yang terdapat komedo.

2. Bubuk Kayu Manis
Campur bubuk kayu manis, kunyit, dan air perasan lemon. Aduk rata hingga menjadi pasta kental. Selanjutnya bisa anda aplikasikan ke area wajah yang terdapat komedo, diamkan sampai kering selama 10 menit. Cuci wajah hingga bersih setelah itu.

3. Oatmeal dan Yogurt
Salah satu menu sarapan sehat ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah komedo. Untuk mendapatkan manfaat tersebut anda bisa mencampurkan oatmeal dan yogurt untuk kemudian diaplikasikan untuk menghilangkan komedo sekaligus membuat kulit menjadi halus.

4. Teh Hijau dan Madu
Kombinasi bahan yang tepat untuk mengurangi kadar minyak di kulit wajah sekaligus menghilangkan komedo adalah teh hijau dan madu.

5. Jeruk Nipis
Jeruk nipis memiliki kandungan di dalamnya yang dapat membantu membuka komedo sehingga akan lebih mudah untuk dihilangkan.

6. Masker Putih Telur
Anda bisa menggunakan masker putih telur untuk mengatasi masalah komedo. Oleskan masker yang terbuat dari putih telur ke wajah anda dan biarkan untuk beberapa saat. Komedo hilang, kulit pun akan lebih bercahaya.

7. Masker Tomat
Masker tomat juga bisa menjadi alternatif selain putih telur sebagai masker wajah untuk menghilangkan komedo di wajah yang mengganggu.

Cara Mencegah Munculnya Komedo di Wajah

Selain dengan cara alami untuk menghilangkan komedo, pastikan juga anda melakukan pencegahan terhadap kemungkinan munculnya komedo. Beberapa cara mencegah munculnya jerawat di wajah adalah misalnya dengan cara mencuci muka tiga kali sehari dengan sabun pH balance. Selain itu, beberapa jenis makanan juga perlu dihindari untuk mencegah munculnya komedo.

Beberapa contoh makanan yang harus dihindari untuk mencegah komedo misalnya adalah makanan mengandung tinggi kalori, lemak, dan juga makanan pedas. Sementara untuk anda kaum wanita yang suka memakai kosmetik, sebaiknya anda kurangi pemakaian bedak padat dan foundation (alas bedak).

loading...
Loading...
membersihkan komedo apakah membatalkan puasa, Buang lemak di hidung, cara membuat blackhead

Cara Menghilangkan Komedo yang Mudah dan Alami | akbar | 4.5