Cara Menghentikan Produksi ASI untuk Ibu yang Sudah Tidak Menyusui

Air Susu Ibu atau ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Karena itu ASI dianjurkan untuk diberikan kepada bayi minimal hingga usia 6 bulan. Baru setelah itu hingga usia 2 tahun bayi bisa diberikan makanan tambahan sebagai pendamping ASI.

Manfaat menyusui sendiri tidak hanya dapat dirasakan oleh bayi, namun juga terhadap psikologi ibu. Dimana dengan memberikan ASI akan membuat ibu dan si kecil merasa lebih bahagia.

Sebenarnya ketika usia anak sudah lebih dari 2 tahun ibu tetap diperbolehkan memberikan ASI. Namun demikian terkadang ibu merasa risih dan malu karena sudah besar namun anak masih tetap menyusu ibunya. Karena itu biasanya ibu akan berusaha mencari cara untuk menghentikan produksi ASI-nya dan berharap untuk bisa menyapih bayinya sehingga tidak lagi minta minum ASI.

Sebenarnya, ketika ASI sudah tidak lagi diperlukan, maka secara alami produksi ASI oleh payudara akan berhenti dengan sendirinya. Namun demikian bila ibu menginginkan agar produksi ASI-nya bisa segera berhenti, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara Menghentikan Produksi ASI Ketika Awal Tidak Menyusui atau Menyapih

Berikut ini adalah tips bagaimana cara menghentikan produksi ASI dengan segera sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky:

1. Air

Bila anda beranggapan bahwa dengan tidak minum air akan mampu mengeringkan produksi ASI, maka anda salah. Karena dalam kondisi dehidrasi ternyata payudara akan menghasilkan lebih banyak susu dan ketidaknyamanan akibat payudara bocor akan terus berlangsung. Jadi, jagalah tubuh agar tetap terhidrasi atau cukup minum untuk membantu mengeringkan ASI lebih cepat.

2. Menghentikan Produksi ASI dengan Daun kubis

Penggunaan daun kubis merupakan salah satu cara terbaik untuk mengeringkan ASI. Caranya adalah dengan mengompres daun kubis dingin pada payudara. Untuk itu ibu bisa menempelkan daun selama beberapa hari dan buang setelah daun kubis telah menjadi layu.

3. Kompres Ees untuk Mengurangi Pembengkakan Pada Payudara

Es juga bisa menjadi cara alami terbaik untuk menghentikan produksi susu dan mengeringkan pasokan ASI. Untuk itu ibu bisa menempatkan kompres es pada payudara sebanyak dua kali dalam sehari untuk mengurangi pembengkakan dan juga menenangkan rasa sakit ketika ibu dalam masa awal sudah tidak lagi menyusui.

Itulah beberapa cara mengeringkan produksi ASI (Air Susu Ibu) ketika sudah tidak lagi menyusui. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads

Loading...
Cara Menghentikan Produksi ASI untuk Ibu yang Sudah Tidak Menyusui | akbar | 4.5
manfaat anak rusa