Cara Menghangatkan Badan Setelah Kehujanan

Musim hujan identik dengan suhu yang dingin. Apalagi bila sampai kehujanan di jalan. Dinginnya bisa sampai terasa menusuk tulang.

Meski sudah memakai jas hujan ditambah dengan jaket yang tebal, tetap saja tidak mampu mengalahkan rasa dinginnya.

Udara yang dingin di musim hujan bisa menyebabkan kita mudah jatuh sakit. Ini terjadi karena sistem metabolisme tubuh harus bekerja dua kali lipat, yaitu untuk menjaga serangan penyakit dan menjaga tubuh dari rasa dingin.

Untuk itu kita butuh sesuatu yang bisa menghangatkan tubuh selama musim hujan. Berikut diantaranya:

1. Makanan Pedas

Makanan pedas memang enak dinikmati saat musim hujan. Dan ternyata, makanan pedas memiliki khasiat untuk mencegah pembekuan darah, terutama menghangatkan jari dan tangan. Rasa pedas pada makanan bisa didapat dari penggunaan bumbu. Beberapa jenis bumbu yang bisa digunakan untuk menimbulkan cita rasa pedas misalnya adalah cabai dan lada hitam. Selain itu, kita juga bisa menggunakan rempah-rempah yang bisa menimbulkan efek pedas seperti kunyit, kapulaga, kayu manis dan jahe.

2. Teh Hangat

Tambhkan 1 sendok makan kayu manis dalam secangkir teh hangat yang akan anda minum. Hal itu akan semakin menghangatkan tubuh dan memberikan efek tidur yang tenang.

3. Makanan Penghangat

Ada beberapa makanan yang bisa berguna untuk menghangatkan tubuh. Ikan salmon selain mengandung lemak omega-3 juga bisa menghangatkan tubuh. Bila sudah mendapatkannya, anda bisa ganti dengan mengonsumsi daging kambing atau sapi. Beberapa jenis sayuran yang kaya akan kandungan zat besi juga memiliki efek menghangatkan tubuh. Misalnya brokoli, bayam, bawang merah, gandum, gambas, daun bawang, kangkung serta peterseli.

4. Rebusan Rempah-rempah

Untuk menghangatkan tubuh setelah kehujanan, anda bisa mandi rempah. Caranya adalah dengan merebus lada hitam bubuk, jahe, kayu manis, rosemary, oregano, daun sage, kunyit dan lainnya. Rebus selama 15 menit dan masukkan ke dalam bak mandi anda. Bau khas rempah juga akan membuat anda menjadi lebih rileks sehingga membuat tidak menjadi lebih nyenyak.

5. Olah Raga

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh karena dapat memperlancar aliran darah dan meningkatkan energi tubuh. Selain itu olahraga juga sangat baik dilakukan karena bisa mencegah pembekuan darah sehabis kehujanan dan menstimulasi tubuh. Anda bisa melakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam rumah seperti sit up, push up, lari di tempat atau olahraga ringan lainnya.

Itulah kelima cara menghangatkan tubuh setelah kehujanan yang bsia anda coba lakukan. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
cara hangatkan badan setelah kehujanan, cara menghangatkan badan saat kehujanan, cara menghangatkan suhu tibuh ketika kehujanan, cara menghangatkan tubuh akibat kehujanan, gambar menghangatkan badan habis ke hujanan

Cara Menghangatkan Badan Setelah Kehujanan | akbar | 4.5