Cara Mengetahui Daging Ayam yang Mengandung Formalin

Lalat adalah serangga pembawa penyakit yang sangat menyukai tempat kotor, kotoran sapi misalnya. Berbagai jenis penyakit bisa dibawa oleh lalat, diare salah satu contohnya. Sialnya, setelah ia hinggap puas di kotoran sapi, ia terbang bebas tanpa beban dan hinggap ke makanan yang akan makan tanpa rasa berdosa.

Tapi tunggu dulu. Ternyata kita masih bisa memanfaatkan keberadaan lalat di sekitar kita. Salah satunya adalah bisa untuk mendeteksi apakah makanan tersebut mengandung bahan kimia berbahaya atau tidak. Misalnya saat akan membeli ayam potong.

Daging ayam potong termasuk populer dan banyak diminati masyarakat. Sayangnya banyak penjual yang nakal untuk kemudian menambahkan formalin untuk mengawetkan daging ayam. Sehingga ketika nanti daging ayam yang dijualnya tidak laku, maka daging tersebut tidak cepat busuk dan bisa dijual besoknya lagi.

Berbicara tentang daging ayam berformalin, untuk membedakannya memang masih banyak yang belum mengetahui caranya. Namun sebenarnya bila kita mau jeli maka untuk membedakan daging ayam berformalin dan yang tidak ini bisa dilakukan. Berikut adalah tips bagaimana cara mengetahui daging ayam yang berformalin sebagaimana yang disampaikan oleh runner up MasterChef Indonesia musim pertama, Agus Sasirangan sebagaimana yang dikutip dari laman Okezone:

loading...

Tampilan

Dari segi tampilan, ayam potong yang masih segar tentu warnanya tidak pucat dan kebiru-biruan. Begitu juga warna dagingnya, jika cenderung mengilap maka sebaiknya jangan dipilih.

Untuk ayam yang tidak dihinggapi lalat, seharusnya anda tidak membelinya. Pasalnya, serangga apapun tidak akan hinggap pada sesuatu yang mengandung bahan kimia.

Aroma

Daging ayam segar sudah seharusnya memiliki aroma daging segar. Sementara ayam yang berformalin memiliki bau khas formalin yang seperti bau bahan kimia.

Tekstur

Saat memilih daging ayam yang bebas formalin. Anda bisa mengenalinya dengan menekan lembut daging ayam potong.

Ayam segar bebas formalin memiliki tekstur yang kesat dan tidak licin. Begitu juga dengan dagingnya akan terasa kenyal cenderung empuk ketika ditekan. Pasalnya daging yang sudah bercampur formalin akan terasa sangat kenyal.

Itulah beberapa tips cara memilih daging ayam yang sehat dan tidak mengandung formalin. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Cara Mengetahui Daging Ayam yang Mengandung Formalin | lawas | 4.5