Cara Mengetahui Ciri-ciri Anak yang Kurang Gizi

Ciri Anak yang Kurang GiziKebutuhan gizi anak harus tercukupi dengan sempurna, khususnya pada anak usia balita. Ini karena pada usia 1-5 tahun merupakan periode keemasan dimana anak membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk perkembangan fisik dan mentalnya.

Pada anak dengan pemenuhan gizi yang cukup, maka mereka akan terlihat lebih aktif, cerdas, ceria, dan tentunya kebal terhadap suatu penyakit. Karena itu, jangan biarkan anak anda kekurangan gizi.

Cara Mengetahui Ciri-ciri Anak yang Kekurangan Gizi

Untuk cara mengetahui apakah anak anda kekurangan gizi atau tidak, berikut adalah informasinya:

1. Kurang Energi Protein Ringan
Pada tahap ini, ciri ciri anak yang kekurangan gizi belum tampak jelas. Yang paling jelas adalah turunnya berat badan hingga 20% dari berat badan normal sesuai usia.

2. Kurang Energi Protein Sedang
Pada tahap ini, berat badan anak akan turun sekitar 30% persen dari berat normal. Selain penurunan berat badan, tanda lain yang umum terlihat pada anak yang kekurangan gizi adalah wajah terlihat pucat serta rambut kemerahan.

3. Kurang Energi Protein Berat
Pada anak yang mengalami kurang energi protein berat terbagi menjadi 2 yaitu, kurang sekali (marasmus) dan kwashiorkor.

Marasmus ditandai dengan penurunan berat badan anak hingga 40% persen dari berat normal. Sementara itu, kwashiorkor ditandai dengan penurunan berat badan, pembengkakan kaki, rambut memerah dan mudah dicabut, mata rabun dan kornea kering dan kadang terdapat borok.

Biasanya penderita diikuti gejala tekanan darah rendah atau anemia, infeksi, diare yang sering terjadi, kulit mengerak dan pecah sehingga keluar cairan dan pecah-pecah di bagian sudut bibir.

Cara menghindari balita kekurangan gizi adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan serta memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi anak seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

loading...
Loading...
ciri anak kurang gizi, ciri ciri anak kurang gizi, gambar anak kurang gizi, ciri2 anak kurang gizi, ciri fisik anak kurang gizi, anak kurang gizi

Cara Mengetahui Ciri-ciri Anak yang Kurang Gizi | chsa | 4.5