Cara Mengelola Tekanan Darah Tinggi

Pengecekan tekanan darah tinggi dianjurkan untuk dilakukan setiap setahun sekali. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui normal atau tidaknya tekanan darah. Dengan demikian, saat diketahui adalah masalah dengan tekanan darah akan bisa segera dilakukan pencegahan untuk mengatur agar tekanan darah kembali normal.

Selain dengan menurunkan berat badan, lebih banyak berolah raga, tekanan darah juga bisa dinormalkan dengan cara menurunkan asupan garam. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola tekanan darah:

1. Jaga pola makan sehat

Hindarilah mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi dan lemak jenuh seperti lemak hewan, produk susu, daging merah seperti sapi dan kambing, santan dan minyak kelapa sawit. Pilihlah makanan seperti daging tanpa lemak, ikan dan produk susu rendah lemak serta memperbanyak asupan buah dan sayur anda. Jangan kupa untuk mengurangi makanan asin.

loading...

2. Olah raga yang teratur

Sangat penting untuk olah raga sedikitnya tiga kali dalam seminggu. Ada banyak aktivitas fisik yang bisa anda lakukan, namun berjalan adalah salah satu latihan terbaik. Namun untuk menentukan jenis aktivitas fisik yang sesuai dengan anda, konsultasikan dengan dokter.

3. Jaga berat badan normal

Menjaga berat badan ideal terbukti ampuh dalam membantu menurunkan resiko tekanan darah tinggi.

4. Berhenti merokok

Ada banyak bahaya akibat merokok. Salah satunya adalah merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan juga faktor resiko independen untuk penyakit jantung koroner dan stroke.

5. Rileks dan santai

Kendalikan stres dan lakukan olah raga teratur. Ikuti pendekatan keseimbangan antara kerja dan kehidupan keluarga. Sebagai tambahan, relaksasi jika memungkinkan untuk melepaskan ketegangan ketika perasaan stres timbul karena stres dapat meningkatkan tekanan darah anda.

Itulah beberapa cara mengelola tekanan darah yang dapat anda lakukan. Jika tips di atas tidak memberikan efek maksimal terhadap masalah hipertensi yang anda alami, maka minum obat-obatan mungkin diperlukan. Namun hal ini diperlakukan konsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu.

loading...
Loading...
Cara Mengelola Tekanan Darah Tinggi | akbar | 4.5