Cara Mengatur Firewall di Windows 10

Cara Mengatur atau Setting Windows Firewall di Windows 10 – Bagi sebagian orang, khususnya operator jaringan, mengetahui bagaimana cara mengatur firewall sangatlah penting. Pengaturan firewall yang benar akan membuat lalu lintas jaringan menjadi terkendali.

Firewall sendiri adalah software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman. Setiap sistem operasi WIndows sudah memiliki fitur firewall.

Windows sangat menganjurkan agar setting firewall diaktifkan. Namun pada pengaplikasiannya, terkadang kita harus menonaktifkan firewall agar komputer bisa terhubung di jaringan. Sebagai contoh adalah pada software Sombrero Net Bill, yaitu software billing warnet gratis. Saat menggunakan software tersebut, agar komputer client bisa terhubung ke server maka komputer operator atau server harus dimatikan firewallnya.

Cara mengatur firewall baik di Windows XP, Windows 7 atau Windows 10 pada dasarnya sama saja. Namun bagi yang masih baru menggunakan sistem operasi Windows 10 misalnya mungkin ada sedikit bingung, karena belum terbiasa cara mengatur firewall di Windows 10.

Cara setting firewall di Windows 10 sangatlah mudah. Pada kolom “Search” ketik “Firewall” (tanpa tanda petik). Pilih atau klik “Windows Firewall”. Selanjutnya anda bisa klik pada menu “Turn Windows Firewall on or off” di sebelah kiri untuk mengatur firewall komputer. Anda bisa memilih untuk mematikan atau menghidupkan firewall dengan beberapa pengaturan lain yang bisa anda sesuaikan.

Bagi anda yang memang tidak membutuhkan untuk menonaktifkan Windows Firewall, maka anda tidak harus mematikan Windows Firewall kecuali anda sudah mengaktifkan firewall lain semisal anda sudah menggunakan antivirus. karena bila anda mematikan Windows Firewall maka kemungkinan akan membuat komputer (dan jaringan anda, jika anda memiliki) lebih rentan terhadap kerusakan dari serangan worm dan hacker.

Jadi, saat anda memilih untuk menonaktifkan WIndows Firewall, pastikan anda sudah menggunakan antivirus atau aplikasi keamanan sejenisnya.

loading...
About these ads

Loading...
Cara Mengatur Firewall di Windows 10 | akbar | 4.5
cara setting firewall windows 10, aplikasi firewall win 10, cara mematikan firewall windows 10, cara memberikan firewaell sebuah aplikasi win 10, cara mengatur firewall win 10, cara setting firewall idm windows 10, setting firewall win 10