Cara Mengatasi Sound Tidak Bunyi di Windows 10

Sound Tidak Bunyi di Windows 10 – Windows 10, sistem operasi terbaru milik Microsoft ini memiliki banyak kelebihan. Meski demikian, ada juga kekurangan pastinya. Banyak orang melaporkan bahwa salah satu masalah yang sering muncul di Windows 10 adalah tidak berfungsinya audio atau sound.

Tapi jangan khawatir, karena ada cara untuk mengatasi masalah sound atau audio yang tidak bunyi di Windows 10.

Cara Memperbaiki Audio Sound Tidak Bunyi di Windows 10

Ada banyak driver yang bisa langsung terdeteksi di Windows 10. Jadi bagi yang emmiliki komputer dengan maindboard versi lama tidak perlu khawatir untuk mencari drivernya. Karena dengan OS Windows 10 bisa terdeteksi secara otomatis, termasuk juga Sound atau Audio.

Namun ternyata masalah audio yang tidak berfungsi, atau tidak bunyi di WIndows 10 juga banyak dikeluhkan. Tapi jangan khawatir karena ada cara untuk mengatasi audio yang tidak bunyi di WIndows 10. Berikut caranya:

Buka menu Start di Windows 10 dan lalu cari “Device Manager“. Di dalam Device Manager anda akan melihat daftar pilihan icon. Pilih “Sound, video and game controllers“. Jika Anda memiliki sound card, maka akan muncul di sini. Klik kanan pada sound card anda, lalu pilih “Update driver“. Windows akan melakukan pencarian otomatis untuk menemukan update driver dan mengunduhnya. Setelah update selesai, restart komputer dan sound card anda pun akan berfungsi sehingga anda bisa mendengarkan musik atau video.

Tapi ada yang perlu diingat. Windows tidak selalu bisa menemukan driver dari sound card anda. Jika pencarian driver tidak berhasil, maka anda perlu mengunjungi website atau situs produsen dari sound card yang anda gunakan untuk kemudian anda bisa mencari drivernya secara manual.

Jika update driver sound card tersebut tidak berhasil, maka buka kembali “Device Manager” lalu uninstall driver sound card. Caranya dengan klik “Unistall” di driver sound card pada Device Manager. Restart komputer dan Windows akan mencoba menginstall ulang driver. Kemungkinan cara ini akan berhasil membuat sound card anda berfungsi dan bisa mengeluarkan bunyi lagi.

Tidak juga berhasil?

Coba Gunakan Driver “high devinition audio device” Windows 10

Anda bisa coba buka kembali Device Manager. Caranya klik kanan pada “This PC” pada Windows Explorer lalu pilih “Manage“. Klik pada menu “Device Manager” (sebelah kiri). Lihat pada “Sound, video and game controllers“. Klik kanan pada driver sound card anda. Pilih “Update driver software…“. Pilih “Let me pick from a list of device drivers on my computers“. Pilih “High Definition Audio Device” untuk menginstal driver tersebut.

Setelah sound berfungsi kembali, jangan lupa untuk sesekali anda cek situs resmi dari sound card komputer anda untuk memantau update terbaru dari sound card anda ya..

loading...
Loading...
cara mengatasi setelah upgrade windows 10 tidak ada suara nya, cara mengatur icon sound speaker yang mati pada laptop windows 10, cara mengatur speaker laptop windows 10, driver speacker tidak muncul suara win10 cara mengatasi

Cara Mengatasi Sound Tidak Bunyi di Windows 10 | akbar | 4.5