Cara Mengatasi Rasa Mual “Morning Sickness” Pada Ibu Hamil

Halaman: 1 2

Mual merupakan gejala normal saat hamil, namun mual yang berlebihan bisa mengganggu dan berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil perlu mewaspadai bila mual dan muntah yang terjadi berlebihan. Pasalnya, mual dan muntah yang berlebihan akan membuat ibu dan janin menjadi kekurangan gizi. Maka mual dan muntah ini harus dikurangi.

Mual dan muntah ini biasanya dialami oleh ibu hamil saat usia kehamilan trimester pertama, dan akan hilang dengan sendirinya saat memasuki trimester kedua dan ketiga. Untuk mengatasi rasa mual dan muntah pada ibu hamil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak menimbulkan masalah pada ibu dan janinnya, serta tidak mengganggu aktivitas Anda.

Cara yang bisa Dilakukan oleh Ibu Hamil untuk Mengatasi Rasa Mual dan Muntah pada Ibu Hamil

Meski mual dan muntah adalah hal yang biasa pada ibu hamil, namun ada baiknya jika rasa mual dan muntah ini dikurangi. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil:

1. Mengubah kebiasaan makan
Ibu hamil biasanya akan sulit untuk mekan karena rasa mual, ini biasnaya terjadi pada kondisi awal kehamilan. Agar tidak menyebakan kekurangan nutrisi, jangan makan sekaligus dalam porsi yang besar, tapi cobalah untuk makan sedikit demi sedikit dengan porsi yang kecil namun sering.

Ibu hamil bisa coba makan 4-5 kali sehari dengan porsi kecil. Tujuannya adalah untuk mencegah perut kosong dan mempertahankan kestabilan kadar gula darah.

2. Mengonsumsi gizi yang seimbang
Saat sedang hamil, perbanyaklah makan makanan yang tinggi karbohidrat, dan tinggi protein. Jangan lupa, sebagai pelengkap gizi seimbang, konsumsi juga buah-buahan dan sayur.

loading...
Loading...
Gambar ibu melahirkan

Cara Mengatasi Rasa Mual “Morning Sickness” Pada Ibu Hamil | akbar | 4.5