Cara Mengatasi Rasa Mual dan Ingin Muntah Saat Makan Sahur

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh ada banyak. Namun terkadang beragam masalah juga bisa muncul dan dialami, terutama adalah pada mereka yang tidak mampu menjaga pola makan yang benar selama berpuasa. Salah satunya yang sering dialami adalah rasa mual dan ingin muntah setelah makan sahur.

Penyebab Mual dan Ingin Muntah Saat Bangun Pagi Makan Sahur

Penyebab rasa mual dan ingin muntah yang muncul setelah makan sahur bisa disebabkan karena pencernaan kita menyesuaikan dengan pola makan kita sebelum puasa. Kejadian rasa mual ini biasanya akan berhenti dengan sendirinya setelah berpuasa selama beberapa hari.

Rasa mual di perut yang muncul pada pagi hari juga bisa terjadi karena asam lambung yang terlalu banyak keluar ketika perut mencerna makanan menyisakan gas yang berlebih. Aktivitas tidur dalam kondisi kenyang juga dapat menyebabkan kinerja lambung menjadi tidak seimbang, jadi menyebabkan perut merasa tidak nyaman.

Cara Mengatasi Perut Terasa Mual dan Ingin Muntah

Untuk mencegah rasa mual dan ingin muntah, ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

Pada saat makan sahur makanlah setelah mendekati waktu imsak dengan makanan yang bergizi dan seimbang. Konsumsi makanan karbohidrat kompleks seperti nasi, roti hindari makanan yang berlemak, pedas, dingin serta berbumbu tajam.

Konsumsilah makanan yang mudah dicerna seperti tahu, tempe atau sayuran. Minumlah air hangat atau jus hangat dan istirahatlah sampai mau shalat subuh.

Kebiasaan orang, dengan alasan sebagai ganti waktu tidur yang terganggu karena makan sahur, maka setelah selesai shalat subuh biasanya akan dilanjutkan dengan tidur lagi. Hal ini tidak baik untuk dilakukan. Sebaiknya lakukan aktivitas seperti jalan pagi atau menyelesaikan pekerjaan rumah dan jangan tidur kembali bila anda tidak ingin merasa mual dan muntah di pagi hari.

Begitu juga dengan pada waktu berbuka puasa. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan juga bergizi, jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan hindari minum es.

Menutup makan sahur dengan minum teh tubruk atau teh tanpa gula juga bisa membantu mengatasi masalah perut mual dan ingin muntah di pagi hari. Namun pastikan jangan terlalu banyak mengonsumsi teh karena minuman ini masuk dalam jenis kelompok minuman diuretik yang justru akan mengurangi cairan tubuh karena bisa membuat kita sering buang air kecil.

loading...
Loading...
manfaat puasa tidak makan nasi, puasa tidak makan nasi, Apa pengaruh puasa tidak makan nasi, dp orang muntah, manfaat puasa sri (tidak makan nasi), manfaat puasa tdk makan nasi, puasa ga makan nasi, puasa ngak makan nasi, sahur makan roti kok perut rasanya nyaman?

Cara Mengatasi Rasa Mual dan Ingin Muntah Saat Makan Sahur | akbar | 4.5