Cara Mengatasi Rasa Gatal di Perut Saat Hamil

Rasa gatal di perut adalah salah satu keluhan yang dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini sebenarnya adalah hal yang normal, namun ini bisa membuat ibu hamil jadi merasa tidak nyaman.

Penyebab rasa gatal di daerah perut saat hamil ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon estrogen yang terjadi di dalam tubuh serta peregangan kulit terutama di bagian atas perut. Namun rasa gatal yang muncul tersebut akan hilang dengan cepat setelah ibu melahirkan.

Ibu hamil biasanya tidak membutuhkan obat khusus untuk mengatasi rasa gatal di sekitar perut tersebut. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengurangi rasa gatal yang muncul di perut ibu hamil.

  • Gunakan pakaian yang longgar dan terbuat dari katun sehingga bisa menyerap keringat saat berada dalam lingkungan yang hangat atau panas. Karena biasanya cuaca yang panas bisa menyebabkan munculnya rasa gatal di perut ibu hamil.
  • Saat udara panas, sebaiknya hindari keluar rumah, terutama ketika tengah hari.
  • Jika memungkinkan bawalah kipas yang bisa membantu tubuh tetap dingin, serta membawa tisu basah.
  • Hindari mandi dengan menggunakan air hangat karena bisa menambah gatal, lalu gunakan sabun ber pH rendah seperti sabun bayi.
  • Setelah mandi, seka kulit dengan ditepuk-tepuk, bukan digosok

Hal yang paling penting yang harus dipahami oleh ibu hamil adalah jangan menggaruk bagian perut yang terasa gatal dengan menggunakan kuku, karena itu bisa menyebabkan luka dan juga iritasi. Ibu hamil cukup mengusap-usap bagian perut yang terasa ratal saat rasa gatal tersebut muncul.

Bila gatal di perut dirasa sangat mengganggu, segera hubungi dokter spesialis kulit dan minta rekomendasi obat anti gatal yang aman untuk janin.

loading...
Loading...
luka perut pada saat hamil

Cara Mengatasi Rasa Gatal di Perut Saat Hamil | chsa | 4.5