Cara Mengatasi Rambut yang Rusak Agar Sehat Kembali

Memiliki rambut yang sehat dan indah menjadi dambaan bagi setiap orang, terutama kaum wanita. Untuk itu, berbagai perawatan rambut akan diusahakan untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut wanita.

Meskipun berbagai penyebab rambut rusak sudah dihindari, namun adakalanya kerusakan tetap saja terjadi. Nah, bila rambut anda sudah terlanjur rusak yang ditandai dengan rambut kasar, kering dan pecah-pecah, maka segeralah untuk melakukan perawatan guna mengatasi kerusakan rambut agar tidak semakin parah.

Cara Mengatasi Rambut yang Rusak Agar Sehat Kembali

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rambut yang rusak agar kembali sehat seperti sedia kala. Diantaranya adalah beberapa perawatan untuk menghaluskan dan melembutkan rambut yang rusak seperti yang dikutip dari laman Care Fair berikut ini.

1. Cuka Apel
Cuka Apel bisa digunakan untuk membantu dalam mengurangi rambut rusak dan membuatnya menjadi lebih halus.

loading...

Caranya anda bisa campurkan satu sendok makan minyak gandum dengan setengah cangkir cuka sari apel dan dua cangkir air. Oleskan campuran ke rambut, setelah keramas, saat rambut masih basah. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih tanpa menggunakan shampo.

Bila anda tidak menyukai bau dari cuka apel, maka anda bisa menyamarkan bau cuka apel dengan memulaskan kondisioner di ujung-ujung rambut. Lakukanlah perawatan ini dua kali sehari, untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Mayones
Asam lemak pada mayones memiliki manfaat utnuk membantu melembutkan rambut dan meningkatkan minyak alami rambut. Setelah selesai keramas dan mengeringkan rambut dengan handuk, oleskan satu sendok makan mayones pada rambut dan kemudian bungkus rambut dengan shower cap atau handuk panas. Biarkan mayones meresap kedalam rambut selama 15 – 20 menit. Kemudian bilas dengan shampo bayi atau herbal.

3. Minyak Alami
Untuk meningkatkan kelembutan dan kehalusan rambut, anda juga bisa menggunakan minyak alami pada rambut seperti minyak kelapa, minyak bunga matahari atau minyak almond. Caranya adalah dengan mengaplikasikan minyak alami pada rambut setelah keramas, bungkus rambut dengan handuk hangat, diamkan 15 – 20 menit. Lalu bilas rambut dengan air sampai bersih.

4. Vitamin B
Kandungan biotin pada vitamin B kompleks akan menguatkan rambut. Karena itu konsumsi vitamin B kompleks setiap hari. Sumber vitamin B kompleks bisa anda peroleh dengan cara mengonsumsi telur, kacang-kacangan dan pisang.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut yang rusak agar kembali sehat dan indah kembali seperti sedia kala. Dengan rambut yang sehat dan indah, maka anda akan menjadi lebih percaya diri dalam berpenampilan.

loading...
Loading...
Cara Mengatasi Rambut yang Rusak Agar Sehat Kembali | akbar | 4.5